Karakteristik HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya Dengan Kemampuan Literasi Numerasi di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini adalah untuk mengetahui kaitan karakteristik HOTS dengan kemampuan literasi numerasi matematika di Sekolah Dasar. Higher Order Thinking Skills (HOTS) merupakan kemampuan berpikir yang tidak sekedar mengingat (recall), menyatakan kembali (restate), atau merujuk tanpa melakukan pengolahan (recite). Penerapan Hots sangat dituntut dalam pembelajaran kontekstual abad 21 ini. Hal ini menjadi pekerjaan besar bagi segenap pelaku pendidikan khususnya di Indonesia untuk terus menggali dan mempelajari tentang karakteristik HOTS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu mendeskripsikan dan menguraikan tentang Kaitan HOTS dengan kemampuan literasi numerasi matematika di Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (Library Research) dimana studi kepustakaan adalah kegiatan mengumpulkan bahan-bahan yang berkaitan dengan penelitian yang berasal dari buku, jurnal-jurnal ilmiah, literatur-literatur dan publikasi-publikasi lain yang layak dijadikan sumber untuk penelitian yang akan di teliti penulis, dengan cara mendeskripsikan dan menguraikan data tersebut adalah melalui beberapa pendapat para ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penguasaan konsep HOTS dan kemampuan numerasi yang baik siswa akan mampu menjelaskan sesuatu secara menyeluruh dan mendalam dengan cara berbeda sesuai dengan konteksnya.