Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Melalui Model Project Citizen Pada Pembelajaran PKn Siswa Kelas VIII SMP

Authors

  • Zulyan Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ameliani Rahma Sartika Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36765/jrip.v5i2.643

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Internalisasi Nilai-Nilai Karakter  MelaluiModel Project Citizen Pada Pembelajaran Pkn Siswa Kelas VIII SMP Negeri 58 Bengkulu Utara Tahun 2022/2023. Pendekatan yang dilakukan secara kualitatif. Proses pelaksanaannya dilakukan dengan wawancara observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan model project citizen pada pembelajaran PKn siswa kelas VIII SMP Negeri 58 Bengkulu Utara Tahun 2022/2023 dilakukan melalui beberapa cara antara lain : a) Membentuk kelompok, b) Memberikan tugas kepada siswa, c) Presentasi siswa., d) Menilai siswa yang sedang presentasi. 2) Internalisasi nilai-nilai karakter pada pembelajaran PKn siswa kelas VIII SMP Negeri 58 Bengkulu Utara Tahun 2022/2023 dilakukan melalui beberapa cara antara lain : a) Cara sederhana memberikan apresiasi/penghargaan kata-kata, seperti bagus, b) Tepat waktu, c) Jurnal sikap. 3) Faktor penghambat internalisasi nilai-nilai karakter melalui model project citizen pada pembelajaran PKn siswa kelas VIII SMP Negeri 58 Bengkulu Utara Tahun 2022/2023 antara lain : a) Kurangnya penguasaan materi pembelajaran dan kurangnya model pembelajaran yang bervariasi, b) Siswa yang tidak mampu dan kurangnya pelatihan guru mata pelajaran. 4) Solusi faktor penghambat internalisasi nilai-nilai karakter melalui model project citizen pada pembelajaran PKn siswa kelas VIII SMP Negeri 58 Bengkulu Utara Tahun 2022/2023 : solusinya guru harus lebih banyak menambah wawasan, guru harus lebih banyak mempelajari tentang metode pembelajaran sesuai kemampuan siswa, , solusinya guru harus memperhatikan siswa apakah berasal dari keluarga yang mampu atau tidak mampu, dan pihak sekolah harusmengadakan pelatihan-pelatihan.  

Published

2023-07-15

Issue

Section

Articles