Desain Modul Pembelajaran Matematika Berbasis High Order Thinking Skills Pada Materi Matriks Kelas XI SMA
Keywords:
ModuL; High Order Thinking Skills (HOTS); MatriksAbstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendesain modul pembelajaran matematika berbasis High Order Thinking Skills pada materi matriks kelas XI SMA yang memenuhi kriteria valid dan layak. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan desain pendekatan ADDIE. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi RPP dan modul pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan validasi ahli yang dilakukan oleh empat orang ahli. Hasil analisis data penilaian kevalidan modul pembelajaran matematika, diperoleh rata-rata skor validasi (x ̅) mencapai 4,43 dari skor maksimal 5,00 menunjukkan bahwa modul pembelajaran matematika memenuhi kriteria sangat baik. Hasil analisis data kelayakan modul pembelajaran matematika yang diperoleh dengan menghitung skor total pada lembar validasi, menunjukkan bahwa persentase kelayakan modul pembelajaran matematika mencapai 88,75 % dari presentase kelayakan maksimal. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran matematika yang didesain telah memenuhi kriteria sangat valid dan sangat layak untuk digunakan.
Kata Kunci: Modu; High Order Thinking Skills (HOTS); Matriks
Abstract: This study aims to determine the process of developing mathematics teaching materials based on High Order Thinking Skills on matrix material for class XI SMA and to produce learning modules that fulfill the valid and feasible criteria. This type of research is development research (R&D). The research instrument used in this study was a validation sheet for the Learning Implementation Plan (RPP) and the learning module. The technique of collecting data is done by using questionnaires and expert validation conducted by four experts. Based on the data analysis of the validity of the learning module, the average validation score (x ̅) reached 4.43 from a maximum score of 5.00, it indicated that the learning module developed fulfill the criteria very well. The result of the analysis of the learning module feasibility data obtained by calculating the total score on the validation sheet, showed that the percentage of the feasibility of the learning module reached 88.75% of the maximum percentage eligibility. Thus, it can be concluded that the learning module developed by author fulfills the very valid criteria and it is very feasible to use.
Keywords: Module; High Order Thinking Skills (HOTS; Matrix
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.