Pelatihan Keterampilan Komputer dan Pengolahan Informasi pada Guru Sekolah Muhammadiyah Malang di Masa Pandemi

Authors

  • Zukhrufurrohmah Zukhrufurrohmah Universitas Muhamadiyah Malang
  • Octavina Rizky Utami Putri Universitas Muhamadiyah Malang
  • Minatun Nadlifah Universitas Muhamadiyah Malang

Keywords:

keterampilan komputer, pandemi, pelatihan guru, pengolahan informasi

Abstract

Abstrak: Kegiatan pelatihan keterampilan komputer dan pengolahan informasi dilaksanakan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi guru di bidang teknologi, informasi, maupun komunikasi. Kegiatan pelatihan ditujukan bagi guru di sekolah mitra, yakni MA Muhammadiyah 1 Plus Malang dan SMK Muhammadiyah 1 Wagir. Pelaksanaan kegiatan pelatihan dilakukan dalam tiga tahapan, yakni (1) kegiatan Training of Trainer (ToT) bagi guru sekolah mitra, (2) praktik pembelajaran keterampilan komputer di sekolah mitra, dan (3) monitoring dan evaluasi kegiatan. Kegiatan ToT dan praktik pembelajaran dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi Zoom. Situasi pandemi dan keterbatasan fasilitas pribadi siswa menjadi faktor penghambat terlaksananya kegiatan praktik pembelajaran keterampilan komputer secara maksimal di sekolah mitra. Meskipun demikian, hasil montoring  dan evaluasi menunjukkan respon positif dari guru dan siswa yang terlibat pada tahapan kegiatan pelatihan keterampilan komputer dan pengolahan informasi. Kegiatan pelatihan ini tidak hanya berdampak positif terhadap kompetensi guru peseta pelatihan, namun juga mampu membekali siswa di sekolah mitra dalam hal penguasaan keterampilan komputer dan pengolahan informasi.

Abstract: Computer skills training and information processing activities are carried out to improve teacher competence in the fields of technology, information, and communication. The training activities are aimed at teachers in partner schools, namely MA Muhammadiyah 1 Plus Malang and SMK Muhammadiyah 1 Wagir. The implementation of training activities is carried out in three stages, namely, (1) Training of Trainer (ToT) activities for partner school teachers, (2) practicing computer skills learning in partner schools, and (3) monitoring and evaluation of activities. ToT activities and learning practices are carried out online using the Zoom application. The pandemic situation and students' limited personal facilities are inhibiting factors for the maximum implementation of practical computer skills learning activities in partner schools. The results of monitoring and evaluation showed a positive response from teachers and students who were involved in the training stages of computer skills training and information processing. This training activity had a positive impact on the competence of trainee teachers and was also able to equip students in partner schools in mastering computer skills and information processing.

References

Aulbur, W., Arvind, C. J., & Bigghe, R. (2016). Whitepaper: Skill Development for Industry 4.0. BRICS Skill Development Group: Roland Berger, India.

Dairoh, D., Yoka, M., Sasmito, G. W., Mc.Chambali, M. C., Indrianto, D., & Laksmono S, A. G. (2019). PENINGKATAN PEMAHAMAN DALAM PEMBUATAN WEB SEDERHANA BAGI SISWA SISWI DI SMKN 1 BUMIJAWA. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 25(3). https://doi.org/10.24114/jpkm.v25i3.14420

Irkhamiyati, I., & Layyina, L. (2020). Pengaruh Pelatihan Literasi Digital terhadap Kemampuan Literature Searching Mahasiswa Baru Program Pasca Sarjana Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Publication Library and Information Science, 3(2). https://doi.org/10.24269/pls.v3i2.2431

Istiqoma, M., & Nani Prihatmi, T. (2020). PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (ICT) UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI PRODI ARSITEKTUR. Pawon: Jurnal Arsitektur, 4(01). https://doi.org/10.36040/pawon.v4i01.2350

Kemendikbud. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Dan Kebudayaan Dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 01(01).

Lely Nurmaya G, A., Irsan, I., Ayu Lestari, A., & Melani, F. (2021). Analisis Evaluasi Pembelajaran Daring (Online) Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid 19. JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 6(1), 80–85. Retrieved from https://jurnal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/view/4745

Lubis, S. J. (2018). Pendidikan dan Pelatihan Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2.

Montolalu, C., & Langi, Y. (2018). Pengaruh Pelatihan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi bagi Guru-Guru dengan Uji-T Berpasangan (Paired Sample T-Test). D’CARTESIAN, 7(1). https://doi.org/10.35799/dc.7.1.2018.20113

Prasetyo, B., & Trisyanti, U. (2018). Revolusi Industri 4.0 dan Tantangan Perubahan Sosial. IPTEK Journal of Proceedings Series, (5), 22–27.

Purbasari, I., & Fajrie, N. (2017). Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa. Pembelajaran Tematik SD Bermuatan IPS Dengan Media Gambar Sederhana.

Rahmanita Ginting. (2020). Kemampuan Literasi Media pada Era Informasi Digital di Kalangan Mahasiswa Kota Medan. Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA), 3(1). https://doi.org/10.32734/lwsa.v3i1.816

Rusdiana, E., & Nugroho, A. (2020). Respon pada Pembelajaran Daring bagi Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Hukum Indonesia. Integralistik, 31(1), 1–12. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/integralistik/article/view/21834/

Slamet, S. (2019). Pengembangan Kompetensi Guru Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi Dan Saintek Ke - IV 2019, (April).

Sofyan, F. A. (2019). IMPLEMENTASI HOTS PADA KURIKULUM 2013. INVENTA, 3(1). https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1803

Sujadi, I., Kurniawati, I., & Wulandari, A. N. (2020). Upaya Meningkatkan Pembelajaran Berorientasi HOTS Bagi Guru Matematika SMP Kota Surakarta dengan Pemanfaatan Hasil Program AKSI for School. DEDIKASI: Community Service Reports, 2(1). https://doi.org/10.20961/dedikasi.v2i1.35211

Utomo, S. S. (2019). Guru Di Era Revolusi Industri 4.0. Universitas Yogyakarta, 1(4), 53.

Wibowo, N. (2016). Upaya memperkecil kesenjangan kompetensi lulusan sekolah menengah kejuruan dengan tuntutan dunia industri. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 23(1), 45–59.

Downloads

Published

2021-07-30