Bimbingan Teknis Penyusunan Instrumen Teknik Penilaian Nontes BDR (Belajar Dari Rumah)

Authors

Keywords:

Bimbingan Teknis , Penilaian, Belajar Dari Rumah

Abstract

Abstrak: Pandemic Covid-19 memberikan dampak signifikan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Untuk mencegah terjadinya penularan virus Covid-19, maka Pemerintah memberlakukan BDR (belajar Dari Rumah) menggunakan berbagai flatform digital. Hal penting yang perlu dimiliki oleh seorang guru untuk memaksimalkan kegiatan pembelajaran BDR adalah kemampuan dalam menilai.Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam merancang penilaian nontes BDR (belajar dari rumah). Metode kegiatan ini yaitu: 1) pemberian konsep pengetahuan tentang penilaian nontes BDR, 2) mampu merancang penilaian nontes BDR. Adapun hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berdasarkan pada angket yang dibagikan kepada peserta yaitu: 1) aspek merumuskan tujuan pembelajaran rata-rata sebesar 93% berada pada kategori “sangat baik”, 2) aspek menyusun LKPD sebesar 84% berada pada kategori “sangat baik”, 3) aspek menyusun rubrik penilaian sebesa 86% berada pada kegori “sangat baik”. Dengan demikian, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memberikan manfaat yang menyeluruh bagi guru TK di Qatrunnada untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam merancang penilaian pembelajaran nontes BDR.

Abstract: The purpose of this community service activity is to improve the knowledge and skills of teachers in designing learning from home assessments. The methods of this activity are: 1) providing concept knowledge about learning from home assessment, 2) being able to design learning from home assessment. The results of this community service activity are based on the questionnaire distributed to participants, namely: 1) aspects of formulating learning objectives on average 93% are in the "very good" category, 2) aspects of preparing LKPD 84% are in the "very good" category. good”, 3) aspects of compiling an assessment rubric as much as 86% are in the “very good” category. Thus, this community service activity provides comprehensive benefits for kindergarten teachers in Qatrunnada to improve knowledge and skills in designing learning from home assessments.

References

Abidin, Y. (2012). Model penilaian otentik Dalam pembelajaran membaca pemahaman Beroreintasi pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 2.

Bariah, S. K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Petik, 5(1), 31–47.

Hani, A. A. (2019). Evaluasi pembelajaran pada PAUD. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 7(1), 51–56.

Haryono, M., & Hadiwinarto, H. (2021). KEMAMPUAN GURU DALAM MERANCANG PENILAIAN PEMBELAJARAN PAUD DI GUGUS MENGKUDU BENGKULU TENGAH. Ad-Man-Pend: Jurnal Administrasi Manajemen Pendidikan, 3(2), 30–40.

Maryani, K. (2020). Penilaian dan Pelaporan Perkembangan Anak Saat Pembelajaran di Rumah di Masa Pendemi Covid-19. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 41–52.

Nugraheni, A. S. (2020). Metode Pembelajaran Melalui Whatsapp Group Sebagai Antisipasi Penyebaran Covid-19 pada AUD di TK ABA Kleco Kotagede. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 126–130.

Oktarina, A., & Fatonah, S. (2021). PENGAMATAN TENTANG PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN PADA ANAK USIA DINI DI ERA PANDEMI COVID-19. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 31–40.

Purnomo, Y. W. (2015). Pengembangan desain pembelajaran berbasis penilaian dalam pembelajaran matematika. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 34(2).

Rahma, Z., & Fatonah, S. (2021). Penilaian dan Perkembangan Anak Usia Dini di Era Covid 19. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1).

Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178.

Sinaga, R. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Mahasiswa PG-PAUD FIP Unimed dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Usia Dini, 6(2), 1–19.

Syafi’i, I., Sa’diyah, C., Wakhidah, E. W., & Umah, F. M. (2020). Penerapan Video Pembelajaran Daring Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 140–160.

Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). Model pembelajaran menyongsong new era normal pada lembaga PAUD di Riau. JS (Jurnal Sekolah), 4(3), 205–212.

Winarti, S., Taib, B., Alhadad, B., & Achmad, F. (2021). ANALISIS DAMPAK COVID-19 DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING PADA KELAS B4 DI PAUD TELKOM TERNATE. CAHAYA PAUD, 3(1).

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150.

Downloads

Published

2021-07-30