Pelatihan Literasi Menulis Artikel Ilmiah di Kalangan Mahasiswa

Authors

  • Citra Citra Ayu Dewi Universitas Pendidikan Mandalika
  • Yeti Kurniasih Universitas Pendidikan Mandalika
  • Muhali Universitas Pendidikan Mandalika
  • Muhammad Roil Bilad Universitas Pendidikan Mandalika
  • Diah Lukitasari Universitas Pendidikan Mandalika

Keywords:

Literacy, Write, Scientific articles

Abstract

Abstrak:  Permasalahan rendahnya minat membaca mahasiswa saat ini sangat mengkhawatirkan, padahal dari keterbiasaan dalam membaca dapat mempengaruhi kemampuan lainnya seperti menulis dan berbicara. Kegiatan PKM ini bertujuan untuk mewujudkan kesadaran mahasiswa akan pentingnya budaya literasi menulis artikel ilmiah. Metode pelaksanaan berupa metode sosialisasi untuk memberikan wawasan umum terhadap pentingnya literasi menulis artikel ilmiah dan metode workshop untuk mempraktekkan teknis dan cara membuat artikel ilmiah. Mitra yang terlibat dalam kegiatan PKM ini adalah mahasiswa Fakultas Sains, Teknik  dan Terapan (FSTT) Universitas Pendidikan Mandalika pada semester genap tahun akademik 2020-2021. Evaluasi yang dilakukan berupa persentase dari jumlah artikel ilmiah yang telah dihasilkan oleh peserta pelatihan. Berdasarkan hasil Kegiatan PKM secara keseluruhan berjalan lancar dan baik serta respon para peserta pelatihan sangat antusias selama mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pelatihan literasi menulis artikel ilmiah. Hal ini terlihat dari presentasi peserta yang bisa menghasilkan artikel ilmiah sebesar 80%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kegiatan PKM ini dapat mewujudkan kesadaran mahasiswa akan pentingnya budaya literasi menulis artikel ilmiah.

Abstract:The problem of students' low interest in reading today is very worrying, even though the habit of reading can affect other abilities such as writing and speaking. This PKM activity aims to realize student awareness of the importance of literacy culture in writing scientific articles. The implementation method is in the form of a socialization method to provide general insight into the importance of literacy in writing scientific articles and workshop methods to practice technical and how to write scientific articles. Partners involved in this PKM activity are students of the Faculty of Science, Engineering and Applied (FSTT) Mandalika Education University in the even semester of the 2020-2021 academic year. The evaluation is carried out in the form of a percentage of the number of scientific articles that have been produced by the training participants. Based on the results of the PKM activities overall running smoothly and well and the responses of the training participants were very enthusiastic during the whole series of literacy training activities to write scientific articles. This can be seen from the presentation of participants who can produce scientific articles by 80%. Thus, it can be concluded that this PKM activity can realize student awareness of the importance of literacy culture in writing scientific articles.

Author Biographies

Yeti Kurniasih, Universitas Pendidikan Mandalika

Pendidikan Kimia

Muhali, Universitas Pendidikan Mandalika

Pendidikan Kimia

Muhammad Roil Bilad, Universitas Pendidikan Mandalika

Pendidikan Kimia

Diah Lukitasari, Universitas Pendidikan Mandalika

Ilmu Manajemen

References

Akdiana, F. (2017). Dialog Buku di Dalam Kelas. https://www.kompasiana.com/46times /59de482c3f8bf444b27dff12/dialogbuku-di-dalam-kelas.

Arodhiskara, Y., Patahuddin, P., Suherman, S., Buhaerah, B., & Jadda, A. A. (2020). Pelatihan Literasi Menulis Esai Bagi Angkatan Muda Muhammadiyah Kota Parepare. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 69-74.

Dewi, C. A., Hendrawani, H., Kurniasih, Y., Suryati, S., & Khery, Y. (2018). Optimalisasi peningkatan profesionalisme guru-guru melalui pelatihan penulisan karya ilmiah. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 19-23.

Junia, A. V., Sofah, R., & Putri, R. M. (2019). Tingkat Prokrastinasi Akademik Berdasarkan Intensitas Penggunaan Media Sosial Di SMP Negeri 18 Palembang. Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling, 6(1), 21-29.

Manumpil, B., Ismanto, A. Y., & Onibala, F. (2015). Hubungan penggunaan gadget dengan tingkat prestasi siswa di SMA Negeri 9 Manado. Jurnal Keperawatan, 3(2).

Mulyati, T., & Frieda, N. R. H. (2019). Kecanduan Smartphone Ditinjau Dari Kontrol Diri dan Jenis Kelamin pada Siswa SMA Mardisiswa Semarang. Empati, 7(4), 152-161.

Naim, N. (2020). Pelatihan Menulis Artikel Jurnal Secara Online Bagi Mahasiswa Jurusan Ilmu Alquran dan Tafsir IAIN Tulungagung. Fajar: Media Komunikasi dan Informasi Pengabdian Kepada Masyarakat, 20(2).

Ningsih, S. C. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru SD. International Journal of Community Service Learning, 4(2), 109-116.

Rohman, A. S., & Yanto, A. (2017). WORKSHOP LITERASI INFORMASI DAN PENULISAN ILMIAH BAGI KALANGAN GURU SMA NEGERI 1 CISARUA KABUPATEN BANDUNG BARAT. Dharmakarya, 6(4).

Sudarmini, S., Sudaryanto, S., & Yumartati, Y. (2019, September). Pelatihan penulisan artikel populer bagi guru SMP Unggulan Aisyiyah Bantul. In Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (pp. 657-662).

Wicaksa, A. (2019). Pelatihan penulisan ilmiah sebagai upaya peningkatan keterampilan menulis ilmiah. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 1(1), 8-16.

Downloads

Published

2021-12-27