Pemberdayaan Guru Paud Dalam Pengenalan Literasi Bahasa Asing Menggunakan Metode Bernyanyi Berbasis Nilai-Nilai Aswaja Se-Lampung Tengah
Keywords:
Pemberdayaan, Literasi dini, Bahasa Asing, Bernyanyi, AswajaAbstract
Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh beberapa hasil temuan yang menunjukan masih lemahnya penguasaan kebahasaan guru-guru yang mengenal bahasa asing secara baik. Pemberdayaan ini bertujuan mengenalkan literasi bahasa asing (Inggris dan Arab) untuk meningkatkan kompetensi guru paud yang bermuatan nilai Islam Ahlussunah wal Jama’ah melalui metode bernyanyi. Metode yang digunakan pada kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah Aset Community Based Development, melalui penemuan aset dan potensi mengarahkan pada pengadaan kegiatan berupa seminar dan pelatihan Bersama mitra yaitu para guru paud Lampung Tengah sebanyak 25 peserta yang diisi oleh ke Komunitas IGRA, pakar musik dan literasi serta dosen. Kegiatan ini menghasilkan produk yaitu buku kumpulan lirik lagu anak usia dini berbahasa Arab dan Inggris bermuatan aswaja serta fall back kegiatan berupa video peserta selama seminar yang diunggah di situs youtube chanel. Selama pelatihan para guru paud di Lampung Tengah begitu antusias karena diajarkan materi literasi sejak dini, membuat lirik bahasa asing, materi aswaja dimana hal tersebut dipilih sebagai landasan penting, mendasar dan urgen untuk mengenalkan kepada peserta didik sedini mungkin agar kelak mampu mencetak generasi unggul yang militan, brilliant, dan juga moderat.
References
Boyd Candice. (2008). Harnessing the social capital of rural communities for youth mental health: an asset-based community development framework. Australian Journal Rural Health, 16. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/j.1440-1584.2008.00996.x.
Early Childhood Literacy Development. (2017). Educational Playcare for young children. Https://Www.Educationalplaycare.Com/Blog/Early-Childhood-Literacy-Development/. https://www.educationalplaycare.com/blog/early-childhood-literacy-development/
hasanmemduhoglu. (2017). The Effect of Focus Group Discussions on Pre-Service Teachers’ Teaching Experiences and Practices: A Mixed Methods Study. International Journal of Instruction, 10(4). https://doi.org/https://doi.org/10.12973/iji.2017.10416a.
Ilari, et. a. (2013). Singing and cultural understanding: A music education perspective. International Journal of Music Education, 31(2). https://doi.org/https://doi.org/10.1177/0255761413487281
Irsad, prasetiawati et. a. (2020). Pemberdayaan Literasi Masyarakat melalui Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Budi Bakti Kabupaten Lampung Timur. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 03(02). http://journal.rekarta.co.id/index.php/jpmb/article/view/94
Kennedy, E. (2012). Literacy in Early Childhood And Primary Education (3-8 Years). National Council for Curriculum and Assessment.
lisnawati ruhaena. (2008). Pengaruh Metode Pembelajaran Jolly Phonics Terhadap Kemampuan Baca-Tulis Permulaan Bahasa Indonesia Dan Bahasa Inggris Pada Anak Prasekolah. Jurnal Penelitian Humaniora, 09(02). https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/371.
rohmah, zuliati. (2012). Incorporating Islamic Messages in the English Teaching in the Indonesian Context. International J. Soc. Sci. & Education, 02(02).
ruhaena lisnawati. (2015). Model Multisensori: Solusi Stimulasi Literasi Anak Prasekolah. JURNAL PSIKOLOGI UGM, 42(1). https://doi.org/10.22146/jpsi.6942
Zarnuji, A. (2019). Utilization of Rice Husk Waste for Paper Raw Materials as An Arabic Calligraphy Media. ENGAGEMENT, 03(01). https://doi.org/https://doi.org/10.29062/engagement.v3i1.49