Upaya Meningkatkan Kreativitas Guru Melalui Pelatihan Membuat dan Menggunakan Alat Peraga Matematika

Authors

  • Ahmad Ahmad STMIK Bumigora
  • Saparwadi Saparwadi Universitas Qomarul Huda Badaruddin Bagu

Keywords:

Pelatihan, Alat Peraga

Abstract

Abstrak: Kegiatan pelatihan ini dilakukan untuk meningkatkan kreativitas guru matematika dalam membuat alat peraga dan juga dalam menyampaikan materi-materi pembelajaran secara kontekstual. Setelah pelatihan ini guru diharapakan dapat menggunakan alat peraga untuk ketika menyampaikan materi matematika. Guru juga disarankan untuk membuat sendiri alat peraga selain bangun ruang sisi datar. Adapun tahapan-tahapan yang dilakukan dalam pelatihan ini adalah sebagai berikut: Pertama Menyiapkan bahan dan peralatan yang diperlukan. Kedua memperkenalkan alat dan bahan kepada peserta. Ketiga memperkenalkan bangun ruang sisi datar. Empat praktik pembuatan alat peraga. Dan lima praktik menggunakan alat peraga dalam materi bangun ruang.

Abstract: This training activity is carried out to improve the creativity of mathematics teachers in making teaching aids and also in delivering learning materials contextually. After this training, the teacher is expected to be able to use teaching aids when delivering mathematics material. Teachers are also advised to make their own props besides building a flat side space. The stages carried out in this training are as follows: First Prepare the necessary materials and equipment. The second introduces tools and materials to participants. The third introduces a flat side space. Four practices for making props. And five practices use props in building material.

Downloads

Published

2018-12-30