Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Olimpiade Matematika Berbasis OSM Tingkat SMP/MTs
Keywords:
Olimpiade Matematika, OSMAbstract
Abstrak: Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal Olimpiade Matematika berbasis OSM. Peserta terdiri dari 11 siswa SMP. Bidang kajian meliputi teori bilangan, aljabar, geometri, dan kombinatorika. Berdasarkan hasil evaluasi kemampuan menggunakan tes essay, diperoleh hasil bahwa geometri merupakan bidang paling sulit dikuasai oleh siswa, hal ini disebabkan karena materi ini memiliki banyak prasyarat yang harus dikuasai oleh siswa yang sebagian besar materi tersebut ada di kelas VII dan VIII.
Abstract: This activity was carried out to improve students' ability to solve OSM-based Mathematics Olympic questions. Participants consisted of 11 junior high school students. Areas of study include number theory, algebra, geometry, and combinatorics. Based on the results of the evaluation of the ability to use essay tests, the results obtained that geometry is the most difficult field mastered by students, is because this material has many prerequisites that must be mastered by students, most of which are in class VII and VIII.