Sumber Belajar, Media Komunikasi, dan Desain Pembelajaran yang Direkomendasikan Pada Masa Pandemi COVID-19
Keywords:
learning resources; communication media; learning designAbstract
Abstrak: Tujuan dilaksanakan kegiatan ini yakni untuk meningkatkan pemahaman guru atau mahasiswa sebagai calon guru dalam meningkatkan output pembelajaran di kelas berbasis online baik dari pengguaan sumber belajar, media komunikasi, maupun metode pembelajran yang direkomendasikan. Metode yang dilakukan adalah sosialisasi, diskusi dan tanya jawab via Zoom Meeting, sedangkan proses evaluasi menggunakan angket skala Likert 5 option. Hasil evaluasi dari 126 peserta yang hadir menunjukkan bahwa tingkat pemahaman peserta rata-rata sebesar 79,77%. Salah satu indikator yang masih rendah nilainya yakni penguasaan peserta dalam mengembangkan media pembelajaran menggunakan Google Site. Hal ini karena kendala pada jaringan internet yang kurang kuat sehingga membutuhkan proses yang lama sehingga berdampak pada beberapa langkah yang belum dijelaskan secara detail.
Abstract: The purpose of this activity is to improve the understanding of teachers or students as prospective teachers in increasing the output of learning in online-based classes both from the use of learning resources, communication media, and recommended methods of defense. The method is socialization, discussion and Q&A via Zoom Meeting, while the evaluation process uses Likert 5 option scale questionnaire. The evaluation results of the 126 participants present showed that the average level of understanding of participants was 79.77%. One indicator that is still low in value is the mastery of participants in developing learning media using Google Site. This is because the constraints on the internet network are less powerful so it requires a long process so that it has an impact on some steps that have not been explained in detail.
References
Abdullah, A. W., Achmad, N., & Fahrudin, N. C. (2020). Deskripsi Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Daring Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 8(2), 36–41. https://doi.org/10.34312/euler.v8i2.10324
Aisyah, S., & Sari, D. I. (2021). Efektivitas Penggunaan Platform Google Meet Terhadap Hasil Belajar Siswa. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(1), 45–49.
Al Hakim, M. F. (2021). Peran guru dan orang tua: Tantangan dan solusi dalam pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 1(1), 23–32.
Atika, A., Machmud, A., & Suwatno, S. (2020). Pendekatan Meta-Analisis : Blended Learning terhadap Hasil Belajar DI Era Covid-19. Jurnal Basicedu, 4(4), 919–926. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.488
Budiman, J. (2021). EVALUASI PELAKSANAAN Pembelajaran Daring Di Indonesia Selama Masa Pandemi Covid-19. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 12(1), 104–113. https://doi.org/10.31932/ve.v12i1.1074
Daheri, M., Juliana, J., Deriwanto, D., & Amda, A. D. (2020). Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775–783. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445
Hamidy, A. (2021). Zoom Meeting vs Google Classroom : Perbedaan Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Platform Pembelajaran Daring. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 61–68.
Handaini, M., & Zulfah, Z. (2021). Penerapan e-Learning melalui Media Schoology untuk Meningkatkan Motiasi Belajar Siswa SMP Negeri 3 Tapung. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 16. https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.993
Khoiroh, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Gumukmas. JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN, 10(2), 97. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v10i2.13986
Mandailina, V., Pramita, D., Syaharuddin, S., & ... (2021). Rumah Belajar: Sebagai Media Pembelajaran Daring Berbasis Android Bagi Siswa di Lombok Barat. JAHE (Journal of …, 1(3), 10–13.
Ramadhan, O. M., & Tarsono, T. (2020). Efektifitas pembelajaran sejarah kebudayaan Islam melalui google classroom ditinjau dari hasil belajar siswa. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(2). https://doi.org/10.22219/jinop.v6i2.12927
Setiawati, N. S. R. dan 2Mia. (2019). Aplikasi Pendidikan Online “Ruang Guru” Sebagai Peningkatan Minat Belajar Generasi Milenial Dalam Menyikapi Perkembangan Revolusi Industri 4.0. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 241–246.
Setyaningsih, N. (2020). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menerapkan Model Discovery Learning Melalui Learning Management System Berbasis Moodle. Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 4(1), 100. https://doi.org/10.20961/habitus.v4i1.45759
Shoumi, A. Z. (2019). Peran Multimedia Dalam Pendidikan Pada Aplikasi Ruang Guru. Prosiding Seminar Nasional Cendekiawan, 2. https://doi.org/10.25105/semnas.v0i0.5809
Vera Mandailina, Syaharuddin, Dewi Pramita, Ibrahim, & Haifaturrahmah. (2021). Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Selama Pandemi Covid-19: Sebuah Meta-Analisis. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 3(2), 120–129.
Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65.
Widiyono, A. (2020). Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) pada Mahasiswa PGSD di Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan, 8(2), 169–177. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v8i2.458