Implementasi Pembelajaran VLAN Menggunakan Model Small Office Home Office untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dan Siswa

Authors

  • Lili Rusdiana STMIK Palangkaraya https://orcid.org/0000-0002-7780-2568
  • Catharina Elmayantie STMIK Palangkaraya
  • Abdul Hadi STMIK Palangkaraya
  • Veny Cahya Hardita STMIK Palangkaraya
  • Deden Andriawan STMIK Palangkaraya
  • Rudini STMIK Palangkaraya
  • Dewanto Zulkarnain STMIK Palangkaraya

Keywords:

Kompetensi; Small Office Home Office; VLAN

Abstract

Abstrak: Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksakana pada SMK Al-Ishlah Palangka Raya bertujuan untuk memperkenalkan dan mengimplementasikan VLAN pada perangkat mikrotik dengan memaparkan konsep, teori, dan permasalahan yang dihadapi saat konfigurasi VLAN di sektor SOHO pada perangkat mikrotik. Metode yang digunakan dalam penyampaian materi yaitu  presentasi dan praktek, demonstrasi langsung oleh pemateri. Pengabdian yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi guru dan siswa pada SMK Al-Ishlah Palangka Raya. Evaluasi terkait kegiatan yang dilakukan yaitu dengan metode survey yang dilakukan melalui menyebarkan kuesioner langsung ke responden sebanyak 29 responden. Tanggapan responden dalam memahami pembelajaran VLAN menggunakan Model Small Office Home Office (SOHO) dari hasil kegiatan ini sebesar 58,62%. Pada awal kegiatan dilakukan pretest dan akhir kegiatan dilakukan postest untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta. Hasil postest menunjukkan kenaikan persentase dari pretest yakni seperti pada pretest hanya terdapat persentase pemahaman peserta sebesar 27% sedangkan postest menunjukkan 72%. Sehingga didapat bahwa kegiatan ini berhasil dilakukan dan sesuai dengan tujuan dari kegiatan yaitu untuk meningkatkan kompetensi guru dan siswa dalam pengimplementasian VLAN dan konfigurasi mikrotik.

Abstract: Community service activity carried out at SMK Al-Ishlah Palangka Raya aims to introduce and implement VLAN on Microtic  devices by explaining the concepts, theories, and problems encountered when configuring VLAN in SOHO sector. The method used in delivering the material is presentation and practice, direct demonstrated by the presenter. In learning activities in the classroom, pretest and posttest were also carried out to determine the level of understanding of the participants. The service was carried out to improve the competence of teachers and students at SMK Al-Ishlah Palangka Raya. Evaluation related to the activities was done  by survey method, by distributing questionnaires directly  to 29 respondents. The response of respondents in understanding VLAN learning using the Small Office Home Office (SOHO) model from the results of this activity was 59%. The results of the posttest showed an increase in the percentage from the pretest. In the pretest, there was only  27% of  participants' comprehension.Meanwhile, the posttest showed 72%. Therefore, this activity was considered successfully carried out and in accordance with its objective  namely improving the competence of teachers and students in implementing VLAN and Mikrotik configuration.

References

Aprianto, D., Innudin, M., Yasa, I. N. M., Handayani, S., & Hairani. (2021). Pembelajaran Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing Bagi Anak-Anak Usia Sekolah di Dusun Lendang Jawa. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 4(1), 121–134. http://journal.rekarta.co.id/index.php/jpmb/article/view/168

BPS Kota Palangkaraya. (2020). Kecamatan Jekan Raya Dalam Angka 2020 (Badan Pusat Statistik Kota Palangka Raya (Ed.)). BPS Kota Palangka Raya. https://palangkakota.bps.go.id/publication/2020/09/28/24ac9813db20fe0f0e8d37ab/kecamatan-jekan-raya-dalam-angka-2020.html

Himmah, E. F., Elmayantie, C., Yuliarti, & Rusdiana, L. (2021). Peningkatan Profesionalisme Guru SMK Negeri-1 Palangka Raya Melalui Bimbingan Penelitian Tindakan Kelas. Reswara : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 155–161. https://doi.org/https://doi.org/10.46576/rjpkm.v2i2.883

Latif, K. A., Hammad, R., Kartarina, Fatimatuzzahra, Ahmad, Hairani, & Muhid, A. (2021). Pengenalan Computational Thinking pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Nahdatul Wathan Marcapada Lombok Barat. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 4(1), 33–40. http://journal.rekarta.co.id/index.php/jpmb/article/view/178

Maslan, A. (2020). Jaringan Komputer dan Simulasi CISCO Packet Tracer. Deepublish.

Munawar, G., Wisnuadhi, B., Firdaus, L. H., Sari, A. N., Fauzi, C., Setiarini, S. D., & Gelar, T. (2020). ISSN 2615-2363 Pengembangan Unit Pelatihan Teknologi Informasi di Politeknik Negeri Bandung. Jurnal Difusi, 3(2), 18–27. https://doi.org/https://doi.org/10.35313/difusi.v3i2.1901

Norhayati, Rosmiati, Sam’ani, Haris, F., Hendartie, S., & Nugroho, B. P. (2021). Penerapan Penggunaan Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Berbasis Multimedia Bagi Anak-Anak Desa Petuk Ketimpun Dibawah Binaan Yayasan Ransel Buku Keywords : JTCSA (Journal of Training And Community Service Adpertisi), 2(1), 11–14. http://jurnal.adpertisi.or.id/index.php/JTCSA/article/view/185

Pamungkas, N. H. T. (2020). Strategi Teknologi Pelatihan dan Sertifikasi Angkatan Muda Informatika di Indonesia. Jurnal Indikator, 1(1), 62–71. https://doi.org/https://doi.org/10.37753/indikator.v1i1.22

Quizizz. (2021). Quizizz Inc. quizizz.com

Suryadi, A., Sulaiman, M. M., Yulianto, M. A., Hidayah, N., & Andrianto, R. (2020). DIKLAT PERANCANGAN JARINGAN SMALL OFFICE HOME OFFICE DI KOMMAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pamulang. KOMMAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 149–154. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/kommas/article/view/4618

Downloads

Published

2021-12-27