Pelatihan Desain Grafis untuk Pemberdayaan Paguyuban Pemuda Banaran Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas

Authors

  • Toni Anwar Universitas Amikom Purwokerto
  • Cayadewi Paramita
  • Dwiky Wahyu Baskoro

Keywords:

Life skill, desain grafis, pemuda, advertising

Abstract

Abstrak: Perkembangan aplikasi di bidang teknologi informasi mempunyai dampak besar di berbagai bidang kehidupan, salah satunya dibidang industri kreatif seperti advertising, reklame, desain grafis dan pengolahan gambar digital. Salah satu menunjang keterampilan bagi pemuda pemudi anggota kelompok paguyuban pemuda, Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas Jawa Tengah. Dilakukan pelatihan life skill yang berupa perancangan desain grafis untuk advertising dan reklame serta memasarkanya secara online. Metode pengabdian ini berupa pelatihan keterampilan desain grafis yang menggunakan computer dan memakai software CorelDraw dan Photoshop serta proses pendistribusian desain di Shutterstock sehingga dapat menghasilkan penghasilan lain. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pemuda dalam meningkatkan kualitas kemampuan dalam membuat desain grafis yang menarik sehingga peserta dapat bersaing untuk memenuhi permintaan akan kebutuhan lapangan kerja dan juga menuju wirausaha. Pelatihan akan berfokuskan pada sebuah desain atau image yang akan diselesaikan oleh peserta. Hasil kegiatan pelatihan keterampilan desain grafis menunjukan peserta bisa merancang logo, kartu nama, undangan, famplet, banner, spanduk dan bentuk advertising lainnya serta proses pendistribusianya.

Abstract: The development of applications in the field of information technology has a major impact on various aspects of life, one of which is in the creative industries such as advertising, billboards, graphic design and digital image processing. One of the supporting skills for young people who are members of the youth community group, Sub-District Sumbang, Banyumas Regency, Central Java. Performing life skills in the form of graphic design design training for advertising and billboards as well as marketing them online. This service method is in the form of training in graphic design skills using computers and using CorelDraw and Photoshop software as well as the process of distributing designs on Shutterstock so that they can generate other income. This Community Service activity aims to increase the knowledge and skills of youth in improving the quality of their ability to create attractive graphic designs so that participants can compete to meet the demand for job opportunities and also towards entrepreneurship. The training will focus on a design or image that will be completed by the participants. The results of the graphic design skill activity show that participants can design logos, business cards, invitations, flyers, banners, banners and other forms of advertising and the distribution process.

References

Afriliana, I., & Budihartono, E. (2018). Peningkatan Ketrampilan Multimedia CorelDraw Di SMK Assalafiyah kota Tegal. In Jurnal Abdimas PHB (Vol. 1, Issue 1).

Anne Dameria. (2007). Color Basic: Panduan Dasar Warna untuk Desainer dan Industri Grafika. Link Match Graphic.

Arief Adityawan S, & Tim LITBANG. (2010). Tinjauan Desain Grafis (1st ed., Vol. 1). PT. Concept Media.

Arifin, J., & Wayong Kabelen, N. (2017). WORKSHOP DESAIN BROSUR SEKOLAH SMK MAHARDIKA BERBASIS BITMAP. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1). http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS

Dan Pelatihan Fotografi Menggunakan Aplikasi Komputer Desain Adobe Photoshop Dan, P., Fauzi, M., Fuad, A., & Darajat, T. M. (2014). Adobe Photoshop dan Corel Draw) untuk. In Bisnis Industri Kreatif Jurnal Abdimas (Vol. 1, Issue 1).

Ernawati. (2015). Batik Design Training sebagai Upaya Pembekalan Soft Skill di Bidang Desain Grafis terhadap Siswa-Siswi SMK Negeri 5 Kota Bengkulu. Jurnal Rekursif, 3(1).

Jayne Archbold. (2015, February 2). Why Mentoring Matters: What should you be looking for in a mentor? Https://Www.Hr.Com/En/Magazines/Leadership_excellence_essentials/February_2015_leadership/%20why-Mentoring-Matters_i5nj5ra6.Html.

Surianto Rustan. (2013). Mendesain Logo (1st ed., Vol. 1). Gramedia Pustaka Utama.

Susanto, T. T., Kusnadi, E., & Retno, L. (2018). Penggunaan Spanduk dan Brosur Sebagai Bahan Penunjang Media Publikasi Kegiatan (Studi Pada Ibu-Ibu Pengurus Yayasan Uswatun Hasanah, Pancoran Mas Depok Jawa Barat). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 576–584. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas

Tri Rendra Graha, D., Sugiarto Waloejo, B., & Dwi Wicaksono Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota, A. (2016). Perencanaan Strategis Industri Kreatif Sektor Desain Grafis Kota Malang Aktor Pemerintah Dinas Perindustrian. In Jurnal Tata Kota dan Daerah (Vol. 8, Issue 2).

Usmanova, N., Shindina, T., & Basharina, A. (2015). Development and Assessment of Interactive Teaching Approach Impact on Communicative Competence of Bachelors of Economic Universities. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 214, 729–738. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.701

Downloads

Published

2021-12-27