Ruang Belajar: Bimbingan Belajar Anak Usia TK pada Masa Pandemi COVID-19

Authors

  • ahmad ahmad Universitas bumigora mataram
  • Kurniadin Abd Latif Universitas Bumigora
  • Kiki Riska Ayu Kurniawati Universitas Islam Negeri Mataram
  • Nurul Hidayah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Siti Khadijah Palembang
  • Parihin Parihin IAI Nurul Hakim Kediri
  • Halimatuzzahrah Halimatuzzahrah IAI Nurul Hakim Kediri
  • Suriyati Suriyati Universitas Bumigora

Abstract

Abstrak: Adapun tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca dan mengenal angka anak usia TK di perumahan Griya Menang Asri Kuripan Lombok Barat melalui ruang belajar. Metode pengabdian yang dilakukan adalah: pertama, menganalisa masalah, kedua menyusun langkah-langkah dalam proses bimbingan belajar dan ketiga evaluasi dengan cara mengamati perkembangan anak ketika proses pembelajaran. Sedangkan hasil dari pengabdian ini adalah bahwa, setelah dilakukan pengabdian bimbingann belajar di ruang belajar selama satu bulan (empat minggu), kemampuan anak dalam membaca dan mengenal angka menjadi lebih meningkat dari pengetahuan awalnya, hal ini terlihat dari hasil evaluasi yang dilakukan, dimana rata-rata dari 23 orang sudah mulai bisa mengeja satu kata yang terdiri dari dua huruf.  Dengan demikian maka dapat dikatakan bahwa bimbingan belajar yang dilakukan di ruang belajar efektif dilakukan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan mengenal angka bagi anak usia TK.

Abstract: The purpose of this service is to improve reading skills and recognize the numbers of kindergarten age children in the Griya Menang Asri Kuripan West Lombok housing through the study room. The service method used is: first, analyzing the problem, second compiling the steps of service and the third evaluation by observing the development of children during the learning process. While the result of this service is that, after the tutoring service in the study room is carried out for one month (four weeks), the child's ability to read and recognize numbers increases from his initial knowledge, this can be seen from the results of the evaluation carried out, where the average an average of 23 people, have started to be able to spell one word consisting of two letters. Thus, it can be said that the tutoring conducted in the study room is effective to improve reading and number recognition skills for kindergarten age children.

References

Ahmad. (2019). Perbangdingan Hasil Belajar Matematika Siswa Sebelum dan Sesudah Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II. EL-HIKAM: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, Volume XII(Volume XII, Nomor 2, Juli –Desember 2019).

Ahmad, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan Google Classroom Pada Mata Pelajaran Matematika Di Madrasah Aliyah Darul Falah Batu Jangkih. El-Hikam, 13(1), 66–82.

Ahmad, Perwira Negara, H. R., Ibrahim, M., & Etmy, D. (2020). Pelatihan Pembelajaran Daring (Google Classroom) bagi Guru MTs dan MI Nurul Yaqin Kelanjur. JPMB : Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 3(1), 66–79. https://doi.org/10.36765/jpmb.v3i1.224

Anggraini, D. (2010). Penerapan pembelajaran kontekstual pada pendidikan anak usia dini. 14(November), 39–46.

Anugerahwaty, R. (2019). Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Kedisiplinan Anak Usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Atthfal Kotamadya Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan PAUD, 03(1), 85–93.

Farhatin, R. (2007). Pengaruh Pengasuhan Orang Tua yang Bekerja Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kecamatan Pulo Gadung Jakarta Timur. 03(1999), 44–69.

Fay, D. L. (1967). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Tradisional Pada Usia 4-5 Tahun Di Paud Anggrek I Bekasi Timur. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 03(1), 73–84.

Fitriani, E. (2012). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kecerdasan Logis Matematis Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Kecamatan Pulo Gadung Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan Paud, 03(1), 2–3.

Nurjannah, I. (2018). Perbedaan Perkembangan Moral Dan Agama Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Islam Dan Tk Umum Kecamatan Cipayung, Kotamadya Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan PAUD, 3(1), 38–53.

Rahmah. (2018). Pengaruh Interaksi Sosial Di Lingkungan Rumah Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Di Paud Ayah Bunda Cililitan Jakarta Timur. Pendidikan, Jurnal Issn, Paud, 03(1), 19.

Raini, A. A. (2018). Perbedaan Pengetahuan Orang Tua Yang Mengikuti Dan Tidak Mengikuti Program Parenting Terhadap Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 4 Tebet Jakarta Selatan. 03(1).

Downloads

Published

2021-12-27