Peningkatan Kemampuan Guru dalam Menyusun Penelitian Tindakan Kelas

Authors

  • Nurimani
  • arie arie purwa kusuma STKIP Kusumanegara
  • Nurina Kurniasari Rahmawati
  • Fiki Alghadari

Keywords:

Guru, Penelitian Tindakan Kelas, Model Pembelajaran

Abstract

Abstrak: Tujuan Pelaksanaan Pelatihan Penelitian..tindakan kelas (PTK) ialah sebagai usaha dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, saat ini penelitian menjadi suatu hal yang sulit dilaksanakan oleh sebagian para guru, yang menjadi permasalahan utama mereka adalah kurang mengetahui dan memahami mengenai PTK, berdasarakan hal tersebut guru tidak memliki motivasi untuk lebih mendalam mempelajari tentang PTK. Pelatihan ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda, Kota Bekasi, pada kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan gambaran tentang teori PTK dan mendampingi guru dalam penulisan proposal PTK, kegiatan dilaksanakan oleh STKIP Kusuma Negara sebagai salah satu tri dharma yaitu pengabdian kepada masyarakat, dalam pelaksanaannya menggunakan metode ceramah, diskusi dan latihan pembuatan proposal penelitian. Teknis pelaksanaanya adalah penyampaian metode penyusunan proposal, kemudian menampilkan beberapa model pembelajaran yang akan digunakan dalam penelitian, kemudian dilanjutkan memberikan bimbingan dan pendampingan dalam penelitian dan penyusunan akhir laporan.  Dalam kegiatan ini hasil yang diperoleh adalah para guru bertambah pemahamannya pada PTK dengan menghasilkan draf proposal penelitan tindakan kelas, yang akan ditindaklanjuti sampai proses akhir penelitian tindakan Kelas.

Abstract: The purpose of the Research Training Classroom Action (CAR) is an effort to improve the quality of learning, currently, it is difficult for most teachers to implement, the main problem is that they do not know and understand CAR, based on this the teacher does not have the motivation to learn more about PTK. This training was held at Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda, Bekasi City, in this training activity the aim was to provide an overview of CAR theory and assistance in writing CAR proposals, activities carried out by STKIP Kusuma Negara as one of the tri dharmas namely community service, in its implementation using the method of lectures, discussions, and exercises for making research proposals. The technical implementation is the application of the proposal preparation method, then displays several learning models that will be used in research, then provides guidance and assistance in research and final preparation. In this activity, the results obtained are that teachers increase their understanding of CAR by producing a draft class action research proposal, which will be followed up until the final process of Class action research.

References

Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Abdimas Unwahas, 4(1), 14–25. https://doi.org/10.31942/abd.v4i1.2690

Gunawan, I., Ulfatin, N., Sultoni, S., Sunandar, A., Kusumaningrum, D. E., & Triwiyanto, T. (2017). Pendampingan Penerapan Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Implementasi Kurikulum 2013. Abdimas Pedagogi, 1(1), 37–47.

Hunaepi, Prayogi, S., Samsuri, T., Firdaus, L., Fitriani, H., & Asy’ari, M. (2016). PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) DAN TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI GURU DI MTs. NW MERTAKNAO. Lumbung Inovasi, 1(1), 38–40.

Jufri, A. W. (2010). Penelitian Tindakan Kelas: Antara Teori Dan Praktek. Jurnal Pijar Mipa, 5(2), 49–52. https://doi.org/10.29303/jpm.v5i2.166

Kusuma, A. P. (2019). Pelatihan Penulisan Pembuatan Proposal Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Abadimas Adi Buana, 3(1), 13–16. https://doi.org/10.36456/abadimas.v3.i1.a1921

Laksana, J. W. (2017). pelatihan penyusunan proposal PTK guru SD. 6(1), 1–7.

Miswar, D. (2020). Pelatihan Pembuatan Proposal Penelitian PTK bagi Guru-Guru di Kabupaten Way Kanan. Jurnal Sumbangsih, 1(1), 87–93. https://doi.org/10.23960/jsh.v1i1.14

Nazaruddin. (2016). Menggagas Sosok Guru Berkarakter Kuat Di Era. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 6(1), 12–18. http://jurnal.makmalpendidikan.net/index.php/JPD/article/view/86/76

Putriani, M. R., Wahyuni, S., & Noviani, L. (2016). Analisis Kesulitan–Kesulitan yang Dialami Guru Ekonomi untuk Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 2(1), 1–17. http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn/article/view/8781

Rahmawati, N. K., & Kusuma, A. P. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Pada Materi Bangun Datar Segi Empat. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 8(1), 33–44. https://doi.org/10.25139/smj.v8i1.2402

Ritonga, M., Matondang, Y., Miswan, M., & Parijas, P. (2020). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Min 1 Pasaman Barat. Adimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 76. https://doi.org/10.24269/adi.v4i2.2106

Soejoto, A., Fitrayati, D., Ghofur, M. A., Sholikhah, N., & Prakoso, A. F. (2017). Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (Ptk). Jurnal ABDI, 2(2), 51. https://doi.org/10.26740/ja.v2n2.p51-59

Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(01), 36–46. https://doi.org/10.29040/jie.v2i01.175

Wijayanti, S. H., Ariani, Y. D., & Triwarmiyati, M. (2016). Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Cisauk melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Kaji Tindak No, 3(1), 55–62. https://scholar.archive.org/work/5loakx7ozrcrxevxjvrix5rycy/access/wayback/http://lpkmv-untar.org/jurnal/index.php/kajitindak/article/download/40/53

Downloads

Published

2021-12-27