Pemanfaatan Aplikasi Matematika Berbasis Android sebagai Media Belajar Matematika Siswa SMA/SMK
Keywords:
Aplikasi Matematika, Hasil BelajarAbstract
Abstrak: Tujuan dari program pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pelatihan kepada siswa SMKN 1 Labuapi agar dapat memahami dan memanfaatkan berbagai macam aplikasi matematika berbasis android sebagai media belajar matematika, agar memudahkan siswa belajar secara mandiri.Sasaran kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah siswa kelas XI SMKN 1 Labuapi. Dalam metode pelaksanaannya, kegiatan ini dibagi dalam tiga tahap, yaitu tahap awal, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan kegiatan ini adalah sebesar 80% siswa mampu meraih nilai 75 atau lebih, dan ini memenuhi kategori hasil belajar siswa tuntas dan menunjukkan bahwasiswa telah mampu menerapkan aplikasi matematika dalam memahami dan menyelesaikan soal matematika.
Abstract: The purpose of this community service program is to provide training to students of Vocational high School 1 Labuapi in order to understand and take advantage of various kinds of android-based math applications as a medium for learning mathematics, in order to make it easier for students to learn independently. The target of this community service activity is the XI grade students of Vocational high School 1 Labuapi. In the implementation method, this activity is divided into three stages, namely the initial stage, the implementation stage and the evaluation stage. The results obtained from the implementation of this activity were that 80% of students were able to score 75 or more, and this met the category of student learning outcomes completely and showed that students had been able to apply mathematical applications in understanding and solving math problems.
References
Ghaisani, Puspa Arty, Sarwosri, and Ridho Rahman H. 2013. “Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Matematika Untuk Siswa Kelas Satu Sekolah Dasar Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android.” Jurnal Teknik Pomits 2(1):2–4.
Gultom, Johannes Jefria. 2012. “Pemanfaatan Media Dalam Proses Belajar Mengajar.” Jurnal Pendidikan 3(2):1–13.
Ichsan, Muhammad. 2016. “Psikologi Pendidikan Dan Ilmu Mengajar.” Edukasi 2(1):60–76.
Laksono, Ridam Dwi, and Prodi Pendidikan Matematika. 2014. “Manfaat Gadget Dalam E-Learning Di Lingkungan Sekolah.” JANGKA 1:52–58.
Lestari, Kartika. 2017. “Penerapan Media ICT Sebagai Sumber Pembelajaran Matematika.” Kompasiana.
Manfaat, Budi, and Zara Zahra Anasha. 2013. “Analisi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Menggunakan Graded Response Models (GRM).” Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Dengan Tema ” Penguatan Peran Matematika Dan Pendidikan Matematika Untuk Indonesia Yang Lebih Baik" (November):978–79. doi: 10.1016/j.prosdent.2006.06.004.
Natalia, Stevi. 2017. “Realistic Mathematics Education: Suatu Langkah Mendidik Berpikir Matematis.” Jurnal Dinamika Pendidikan 10(1):81–96.
Nugroho, Eko Muji. 2013. “Aplikasi Pembelajaran Matematika Kelas 2 Smp / Mts Berbasis Android.” Skripsi. Surakarta: Fakultas Komunikasi Dan Informatika, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Nursalam. 2016. “Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika.” Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan 19(1):1–15. doi: 10.24252/lp.2016v19n1a1.
Pangaribuan, Nurmala, Inggit Winarni, Mohamad Toha, and Sri Utami. 2017. “Optimalisasi Peran Sains Dan Teknologi Untuk Mewujudkan Smart Sity.” Pp. 1–10 in Optimalisasi Peran Sains dan Teknologi Untuk Mewujudkan Smart Sity.
Rahadi, Muhammad Rizky, Kodrat Iman Satoto, and Ike Pertiwi Windasari. 2016. “Perancangan Game Math Adventure Sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android.” Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer 4(1):44. doi: 10.14710/jtsiskom.4.1.2016.44-49.
Santoso, Budi. 2014. “PENILAIAN PORTOFOLIO DALAM MATEMATIKA.” Jurnal Pendidikan Matematika 1(2). doi: 10.22342/jpm.1.2.811.
Sugiman, and Aziz. 2015. “Analisis Kesulitan Kognitif Dan Masalah Afektif Siswa Sma Dalam Belajar Matematika Menghadapi Ujian Nasional.” Jurnal Riset Pendidikan Matematika 2(2):162–147.
Winata, I. Komang. 2021. “Konsentrasi Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 5(1). doi: 10.32585/jkp.v5i1.1062.
Yusmin, Edy. 2017. “Kesulitan Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika (Rangkuman Dengan Pendekatan Metaethnography).” Jurnal Visi Ilmu Pendidikan 9(1):2119–36.
Zakiy, Muhammad Abdurrahman Zakiy, Syazaki Muhammad, and Farida. 2018. “Pengembangan Media Android Dalam Pembelajaran Matematika.” TRIPLE S:Jourals of Mathematics Education 1(2):87–96.