Implementasi Aplikasi Kamus Bergambar Bahasa Dayak Ngaju-Bahasa Inggris Bagi Anak

Authors

  • Lili Rusdiana STMIK Palangkaraya
  • Elok Faiqotul Himmah STMIK Palangkaraya
  • Catharina Elmayantie STMIK Palangkaraya
  • Veny Cahya Hardita STMIK Palangkaraya

Keywords:

Aplikasi, Bahasa Dayak Ngaju, Bahasa Inggris, Kamus

Abstract

Abstrak: Pondok Pesantren dan Panti Asuhan Nurul Sholihin Palangka Raya merupakan target dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat kali ini. Dengan tujuan mengimplementasikan aplikasi yang pernah dibangun sebelumnya pada penelitian, yaitu aplikasi kamus bergambar mengenai bahasa Dayak Ngaju-bahasa Inggris. Implementasi yang dilakukan dengan cara presentasi dan demonstrasi langsung dari pelaksana kepada peserta pengabdian. Sehingga peserta dapat mempraktikkan secara langsung dari tampilan aplikasi dalam penggunaan Bahasa Dayak Ngaju – Bahasa Inggris. Peserta pengabdian yaitu anak dan Guru pendamping pada Pondok Pesantren dan Panti Asuhan Nurul Sholihin Palangka Raya. Sejumlah 26 anak sebagai peserta yang mengikuti kegiatan pengabdian. Pelaksana pengabdian membuat game penilaian untuk anak-anak yaitu dengan menempelkan kartu berbentuk heart dan menempelkan ke pilihan senang jika anak menyukai kegiatan pengabdian ini. Didapat bahwa sebanyak 23 anak menempelkan pada pilihan senang dan sebanyak 3 anak menempelkan pada pilihan tidak senang. Evaluasi dilakukan setelah kegiatan berakhir  yaitu  dengan melakukan survey  melalui  menyebarkan  kuesioner kepada Guru pendamping sebagai responden. Dari hasil penyebaran kuesioner, Persentase rerata skor untuk semua kuesioner yang diberikan kepada Guru pendamping yakni pada 95% dan 100%, sehingga termasuk dalam kriteria sangat baik.

Abstract: Islamic Boarding School and Orphanage Nurul Sholihin Palangka Raya was taken as location of Community Service Activity. The aim of this community service was to implement an application which has been developed in previously research namely Picture Dictionary of Dayak Ngaju language- English. The implementation of this application was carried out through presentation and direct demonstration by the team member to the participants so that  participants can practice directly from the application display in the use of Dayak  Ngaju Language - English. So that participants can practice directly from the application display in the use of Dayak  Ngaju Language - English. The participants were children and accompanying teachers at Islamic Boarding School and Orphanage Nurul Sholihin, Palangka Raya. There were 26 children participated in this activity. The team made an assessment game for children by sticking a heart-shaped card and attaching it to a happy choice if the child likes this service activity. It was found that 23 children attached to the happy choice and 3 children attached to the unhappy choice. Evaluation was carried out after the activity ended by distributing questionnaires to accompanying teachers as the respondents. As the result, the average percentage score for all questionnaires given to accompanying teachers is at 95% and 100%, so it is included in very good criteria.

 

References

Angraeni, D. K. (2020). Peran Kurikulum Muatan Lokal Dalam Melestarikan Bahasa Daerah (Dayak Ngaju, Kalimantan Tengah). Jurnal Manajemen, 1-14.

Ariwibowo, S., Yuliastuti, A., & Pujimahanani, C. (2020). Pelatihan Bahasa Inggris Santri Pondok Pesantren Bismar Al-Mustaqim Surabaya Dengan Pendekatan Fungsional. JPM17, 91-96.

Elmayantie , C., & Rusdiana, L. (2021). Web Mobile-Based Learning Media of Speaking Skill. Proceedings of the 5rd INACELT (International Conference on English Language Teaching) (pp. 28-41). Palangka Raya: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya.

Elmayantie, C., & Rusdiana, L. (2019). Web-based picture dictionary of Dayak Ngaju language–English. Proceedings of the 3rd INACELT (International Conference on English Language Teaching) (pp. 71-80). Palangka Raya: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya.

Elmayantie, C., & Rusdiana, L. (2020). Audio Visual Learning Application of Dayak Ngaju Language-English. Proceedings of the 4rd INACELT (International Conference on English Language Teaching) (pp. 1-10). Palangka Raya: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya.

Maili, S. N. (2018). Bahasa Inggris Pada Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Unsika, 23–28.

Mardison, S. (2016). Perkembangan Bahasa Anak Usia Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI). Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 635–643.

Norhayati, Rosmiati, Sam'ani, Haris, F., Hendarti, S., & Nugroho, B. P. (2021). Penerapan Penggunaan Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Berbasis Multimedia Bagi Anak-Anak Desa Petuk Ketimpun Dibawah Binaan Yayasan Ransel Buku. JTCSA (Journal of Training And Community Service Adpertisi), 11-14.

Rianae. (2020). Model Kepemimpinan Dayak Dalam Meningkatkan Mutu Sekolah. Equity in Education Journal, 114–120.

Rosita, A., & Aprila, F. (2019). Pentingnya Mata Pelajaran Bahasa Daerah Dalam Kurikulum Sekolah Dasar Dalam Eksistensi Budaya Bangsa. Jurnal Pengembangan Pendidikan, 35–43.

Downloads

Published

2022-07-30