Pelatihan Desain dan Video Grafis Untuk Meningkatkan Promosi Digital OPD di Kotawaringin Timur

Authors

  • Selviana Yunita Universitas Darwan Ali
  • Minarni

Keywords:

graphic design skills; life skills; canva; social media

Abstract

Abstrak: Sekitar 70% dari pengguna internet diseluruh dunia, merupakan pengguna aktif media sosial. Transformasi ke era digital tersebut juga menyebabkan bergesernya cara masyarakat mencari dan mengelola informasi. Salah satunya adalah penggunaan media sosial sebagai sarana pencarian dan pengelolaan informasi. Untuk membuat konten sosial media yang menarik, diperlukan keahlian dalam bidang desain dan video grafis. Tim pengabdian Universitas Darwan Ali menyelenggarakan pelatihan desain dan video grafis menggunakan aplikasi Canva. Peserta pelatihan ini adalah pegawai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pelaku UMKM di Kotawaringin Timur. Pelatihan dilakukan di Laboratorium Komputer Universitas Darwan Ali dengan metode ceramah dan demonstrasi. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan keahlian peserta dalam membuat desain dan video grafis. Pelatihan fokus pada pembuatan konten untuk sosial media sebagai salah satu media penyebaran informasi dan promosi saat ini. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa para sebanyak 80% peserta mampu membuat desain konten media sosialnya, baik pengumuman, promosi, dan infografis.

Abstract: Around 70% of internet users worldwide are active users of social media. The digital transformation has also caused a shift in the way people find and manage information. One of them is the use of social media as a means of searching and managing information. To create interesting social media content, expertise in graphic design and video is required. Darwan Ali University service team organizes graphic design and video workshop using the Canva application. Participants in this workshop are employees of regional apparatus organizations, micro, smal and medium enterprises in East Kotawaringin. The training was conducted at the Darwan Ali University Computer Lab using lecture and demonstration methods. This activity aims to increase the knowledge and skills of participants in making graphic designs and videos. The workshsop focus on creating content for social media as one of the current information dissemination and promotion media. The results of the activity showed that approximately 80% the participants were able to design their social media content, both announcements, promotions, and infographic.

References

Anggraeny, F.T., Wahanani, H.E., Akbar F.A., Raharjo, M.I.P., Rizkyando, S. (2021). Peningkatan Ketrampilan Kreativitas Desain Grafis Digital Siswa SMU Menggunakan Aplikasi Canva Pada Ponsel Pintar, JATTEC, Vol. 2, No. 2, hal 86-91. Diakses di https://journal.uii.ac.id/JATTEC/article/view/17123

Anwar, F. (2017) Perubahan dan Permasalahan Media Sosial, Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, Vol 1 No 1. hal 137-144 ISSN-L 2579-6356. Diakses di https://journal.untar.ac.id/index.php/jmishumsen/article/download/343/284

Dayu P (2020). Revolusi Industri 4.0. Yogyakarta, Indonesia. Penerbit: Pustaka Baru Press.

Famukhit, M.L. (2020). Pelatihan Desain Promosi Usaha Menggunakan Canva Pada SMK Diponegoro Tulakan Kabupaten Pacitan, Journal of Social Empowerment Vol 5 No 1, ISSN: 2503-5271. Diakses di https://ejournal.stkippacitan.ac.id/index.php/jse/article/view/315

Ibudigital (2022). Bagaimana cara membuat desain grafis menggunakan Canva (artikel web). Diakses di http://www.ibudigital.com/bagaimana-cara-membuat-desain-grafis-menggunakan-canva

Kaplan AM, Haenlein M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizon, 53, 59-68

Mahdi, M.I. (2022). Pengguna Media sosial di Indonesia capai 191 juta (artikel web). Diakses di https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022

Purwanti, Y. & Perdanawati, L. (2019) Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva untuk Anggota Komunitas Ibu Profesional Banyumas Raya, Jurnal Pengabdian Mitra Masyarakat (JPMM) Vol. 1 No.1. Diakses di https://ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/jpmm/article/view/821

Purworini, D. (2014) Model Informasi Publik di Era Media Sosial: Kajian Grounded Teori di Pemda Sukoharjo, KomuniTi, Vol. VI, No.1. Diakses di https://journals.ums.ac.id/index.php/komuniti/article/view/2929/1869

Putri, N.U., Adrian, Q.J., Jayadi, A., Sembiring, J.P., Sudana, I.W. (2022). Pengenalan Aplikasi Canva kepada Masyarakat dan Staf Pemerintahan Desa Sidosari Lampung Selatan, Journal of Technology and Social for Community Service (JTSCS) Vol. 3 No. 1, E-ISSN: 2723-2026 halaman 63-69. Diakses di https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JSSTCS/article/download/1769/843

Ropiani, H. (2020). Peningkatan Kemampuan Guru Menyusun Hasil Tes Belajar melalui Kegiatan Workshop di SD Negeri 1 Kadipaten Kabupaten Tasikmalaya tahun Pelajaran 2017-2018, Jurnal Syntax Transformation, Vo. 1 No 2. Diakses di http://jurnal.syntaxtransformation.co.id/index.php/jst/article/view/16

Santi, I.N., Mubaraq, R., Farid, Sriwanti (2020) Pelatihan membuat logo Usaha Menggunakan Aplikasi Canva Bagi Mahasiswa Wirausaha, Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, Volume 8, Nomor 2. ISSN: 2302-2051, hal 41-45. Diakses di http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/jppm/article/view/16449

Downloads

Published

2022-07-30