Penggunaan Tools Tutor Maple Dalam Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Kalkulus Integral
Keywords:
Kalkulus Integral; Tools Tutor Maple; Ketuntasan KlasikalAbstract
Abstrak: Kalkulus Integral merupakan materi terakhir dalam perkuliahan Kalkulus dan menjadi dasar penting untuk penguasaan materi kuliah di jenjang selanjutnya. Namun, hasil ujian akhir Kalkulus Diferensial sebelumnya terlihat sebanyak 19% mahasiswa tidak tuntas. Oleh sebab itu, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan penguasaan mahasiswa dalam menggunakan Tools Tutor Maple dalam menyelesaikan soal Kalkulus Integral. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa tingkat awal sebanyak 69 orang. Setelah mahasiswa mengikuti praktikum, mereka diberikan tes evaluasi sebanyak 13 soal untuk mengetahui tingkat ketuntasan klasikal mahasiswa. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa sebanyak 79% mahasiswa dinyatakan menguasai Maple dengan baik. Di masa mendatang, perlu kolaborasi yang optimal antara dosen dan tutor sebaya dalam melakukan praktikum bersama mahasiswa.
Abstract: : Integral Calculus is the last material in calculus lectures and is an important basis for mastering the lecture material at the next level. However, the results of the final exam of Differential Calculus previously saw that as many as 19% of students were incomplete. Therefore, the purpose of this activity is to improve students' mastery in using The Maple Tutor Tool in solving Integral Calculus problems. This activity was attended by 69 entry-level students. After students take part in the practicum, they are given an evaluation test of 13 questions to find out the level of classical completion of students. The evaluation results showed that as many as 79% of students were declared to have mastered Maple well. In the future, optimal collaboration between lecturers and peer tutors is needed in conducting practicums with students.
References
Ario, M., Annajmi, A., & Isharyadi, R. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Kalkulus Diferensial Berbasis Pen Tablet. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1129–1142. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.363
Awang, T. S., & Zakaria, E. (2012). The effects of integrating technology on students’ conceptual and procedural understandings in integral calculus. Asian Social Science, 8(16), 8–16. https://doi.org/10.5539/ass.v8n16p8
Batubara, I. H. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Autograph Pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak Di FKIP UMSU. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 4(1), 51–58. https://doi.org/10.30743/mes.v4i1.869
David, E. J., Hah Roh, K., & Sellers, M. E. (2020). Teaching the Representations of Concepts in Calculus: The Case of the Intermediate Value Theorem. PRIMUS, 30(2), 191–210. https://doi.org/10.1080/10511970.2018.1540023
Muhassanah, N., & Lukman, H. S. (2020). Analysis of mathematics student understanding: Calculus concepts. Journal of Physics: Conference Series, 1657(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012069
Paradesa, R., & Ningsih, Y. L. (2017). Pembelajaran Matematika Berbantuan Maple Pada Mata Kuliah Kalkulus Integral Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(1), 70–81. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v3i1.1442
Permata, P., & Rahmawati, W. D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Materi Kalkulus. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(3), 277–286. https://doi.org/10.30738/union.v6i3.2985
Purnomo, M. E. R., Sari, C. K., Rejeki, S., & Machromah, I. U. (2018). Efikasi diri mahasiswa pada perkuliahan kalkulus integral. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(2), 181–189. https://doi.org/10.21831/jrpm.v0i0.20271
Puspadewi, K. R., & Atmaja, I. M. D. (2015). Pemanfaatan Program Aplikasi Maple Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Kalkulus I Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Mahasaraswati Denpasar Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Bakti Saraswati, 04(01), 40–48.
Rifa’i, M., & Nisa, R. (2019). Pengembangan E-Modul Kalkulus Berbasis Geogebra Dengan Dukungan Website Moodle. Math Didactic, 5(3), 259–268.
Salleh, T. S. A., & Zakaria, E. (2013). Fostering students’ understanding in integral calculus through maple activities. Energy Education Science and Technology Part B: Social and Educational Studies, 5(2), 303–310.
Salleh, T. S., & Zakaria, E. (2016). The effects of maple integrated strategy on engineering technology students’ understanding of integral calculus. Turkish Online Journal of Educational Technology, 15(3), 183–194.
Samková, L. (2012). Calculus of one and more variables with Maple. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 43(2), 230–244. https://doi.org/10.1080/0020739X.2011.582248
Santosa, F. H., Bahri, S., & Ibrahim, M. (2018). Pengembangan aplikasi project simulasi Limit fungsi mengunakan matlab. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 1(2), 80–89.
Saparwadi, L., & Yuwono, T. (2019). Pembelajaran Kalkulus Berbantuan Sofware Maple: Studi Perbedaan Hasil Kerja Mahasiswa dengan Menggunakan Maple dan Tanpa Menggunakan Maple. Jurnal Elemen, 5(1), 23. https://doi.org/10.29408/jel.v5i1.722
Sucipto, L. (2021). Peningkatan Pemahaman Mahasiswa Terhadap Materi Kalkulus Melalui Pelatihan Software Maple. JCES (Journal of Character Education Society), 4(4), 852–859.