Pengenalan dan Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Canva untuk Meningkatkan Kreatifitas Mahasiswa

Authors

  • Deuis Nur Astrida Universitas Amikom Purwokerto
  • Dani Arifudin

Keywords:

desain ; grafis ; desain grafis ; canva ; kreatifitas.

Abstract

Abstrak: Salah satu yang menjadi fokus perhatian Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan adalah mengembangkan pembelajaran dan pelatihan yang dapat diaplikasikan pada era industry 4.0, yaitu menuntut generasi yang produktif dan berkarakter. Dimana setiap individu diharapkan mampu menciptakan kreatifitas dan dapat menuangkan ide-ide kreatifnya agar mampu bersaing dengan individu lainnya. Salah satu cara untuk mewujudkan konsep terseut adalah dengan mengadakan pelatihan desain grafis yang ditujukan untuk mahasiswa. Adapun tujuan pelatihan ini adalah agar mahasiswa dapat mempunyai tambahan keterampilan untuk membuat desain sehingga menambah kreatifitas untuk mereka.  Kegiatan ini berfokus pada pembuatan logo dan konten untuk Instagram. Kegiatan pelatihan menggunakan metode Training of Trainner (TOT) dengan cara pemberian materi melalui ceramah, kemudian dilanjutkan dengan praktik langsung oleh para peserta. Kegiatan ini diikuti oleh 102 mahasiswa UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri. Hasil dari pelatihan ini adalah mahasiswa mampu membuat desain logo dan tampilan konten Instagram dengan menggunakan Canva dengan menarik dan kreatif. Sebanyak 70% dari mahasiswa yang mengikuti pelatihan tersebut dapat membuat tampilan untuk Instagram dengan baik dilihat  dari indikator tampilan sesuai dengan aturan tata letak, pemilihan warna background dan teks  yang sudah bagus dan penulisan kata-kata cukup persuasif untuk mengiklankan sebuah produk. Tidak hanya itu saja bahkan mereka mampu meberikan makna dari logo yang mereka gambarkan.

Abstract: One of the focuses of the Ministry of Education and Culture's attention is developing learning and training that can be applied in the industrial era 4.0, which demands a generation that is productive and has character. Where each individual is expected to be able to create creativity and be able to express his creative ideas in order to be able to compete with other individuals. One way to realize this concept is to hold graphic design training aimed at students. The purpose of this training is so that students can have additional skills to make designs so that they can increase their creativity. This activity focuses on creating logos and content for Instagram. The training activities use the Training of Trainner (TOT) method by providing material through lectures, then followed by direct practice by the participants. This activity was attended by 102 UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri. The result of this training is that students are able to design logos and display Instagram content using Canva in an interesting and creative way. As many as 70% of the students who took part in the training were able to make a good appearance for Instagram seen from the display indicators according to the layout rules, the selection of background colors and text that were good and the writing of words was persuasive enough to advertise a product. Not only that, they are even able to give the meaning of the logo they describe.

 

References

Agustina, R. (2017). Pelatihan Desain Grafis Untuk Perangkat Desa Dalam Rangka Peningkatan Sdm Di Desa Ngawonggo Kecamatan Tajinan Kab. Malang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 2(1), 37–42. https://doi.org/10.26905/abdimas.v2i1.1289

Agustina, R., & Suprianto, D. (2018). Pelatihan Desain Grafis Dan Fotonovela Untuk Warga Graphic and Photonovela Design Training for Citizens. Kumawula, Vol. 1, No.3, Desember 2018, Hal 219– 226, 1(3), 219–226.

Diartono, D. A. (2008). Media Pembelajaran Desain Grafis Menggunakan Photoshop Berbasis Multimedia. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, XIII(2), 155–167. https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti1/article/download/81/76

Garris Pelangi. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 1–18. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sasindo/article/view/8354

Khusna, A. H., & Dintarini, M. (2021). Pendampingan Dan Pelatihan Desain Grafis Untuk Kewirausahaan Bagi Siswa SMK Muhammadiyah 9 Wagir. JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik Dan Pengabdian Masyarakat), 5(1), 1. https://doi.org/10.36339/je.v5i1.385

Mustakim, U. S., Suryanto, M. S., Ma, M., Dewi, R., Kamali, A. S., Supriadi, I., Munawar, B., Imtihanudin, D., Keguruan, T., Syekh, P., Jalan, A., Labuan, R., & Kadulisung, K. (n.d.). Di Kecamatan Kaduhejo Kabupaten Pandeglang. 91–95.

Nugrahani, R. (2015). Peran Desain Grafis pada Label dan Kemasan Produk Makanan UMKM. Jurnal Imajinasi, 9(2), 127–136. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/imajinasi/article/view/8846

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 79. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261

Zaman, A. N., As’adi, M., Nur, I., Rizal, R., & Mahfud, H. (2020). Pemberdayaan Dan Pelatihan Desain Grafis Bisnis Kekinian Pada Desa Limo. Jurnal Widya Laksana, 9(1), 6–10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPKM/article/view/21116

Zaskia Oktaviana Sari, E. A. S. (n.d.). PENTINGNYA KREATIVITAS DAN KOMUNIKASI PADA PENDIDIKAN JASMANI DAN DUNIA OLAHRAGA Oleh: 97–110.

Downloads

Published

2022-07-30