Pelatihan Pembuatan Website Pembelajaran Interaktif bagi Mahasiswa PGSD FKIP UNRAM
DOI:
https://doi.org/10.36765/jpmb.v5i2.540Keywords:
website, pembelajaran interaktifAbstract
Pelatihan pembuatan website interaktif dilaksanakn dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa tentang pembuatan website pembelajaran interaktif guna mengoptimalkan pembelajaran. Hal ini juga didorong karena Keterbatasan dalam menggakses informasi mengenai cara pemanfaatan website pembelajaran yang interaktif juga menjadi kendala bagi mahasiswa khususnya yang nantinya mereka akan mempraktekan pembelajaran kepada anak didik. Terlebih sekarang penggunaan blanded learning, tentu akan semakin tertinggal dalam menghadapi arus percepatan teknologi karena tidak bisa memanfaatkan teknologi secara maksimal. Selama ini juga belum terdapat pelatihan pembuatan website pembelajaran intekratif terutama bagi mahasiswa Program Studi Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram. Metode yang dipergunakan berupa pelatihan yang meliputi tiga tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Mitra yang terlibat dalam kegiatan ini merupakan mahasiswa semester 8 prodi PGSD Univversitas Mataram sebanyak 16 orang. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta pelatihan dalam hal ini mahasiswa calon guru sekolah dasar meningkat kemampuannya dalam membuat website pembelajaran interaktif untuk mengoptimalkan pembelajaran. Mahasiswa bisa memahami tentang sumber belajar, pengenalan website interaktif, manfaat website interaktif, tujuan website interkatif, dan terkahir materi pentingnya pemanfaatan IT dalam pembelajaran. Selanjutnya mahasiswa bisa memberikan contoh langsung cara membuat sebuah website interkatif. Mahasiswa peserta pelatihan pembuatan website bisa buat sendiri berdasarkan contoh yang telah ditunjukkan oleh pemateri
References
Arifin, M., Sari, A. P., Maulana Tama, A., Keguruan, D. F., Pendidikan, I., Muhammadiyah, U., Utara, S., Fakultas, M., & Dan, K. (2017). Seminar Nasional Kedua Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Second Progressive and Fun Education Seminar). 1, 633–640. http://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/9613.pdf/?sequence=1&isAllowed=y
Arifin, M. Z., & Setiawan, A. (2020). Strategi Belajar Dan Mengajar Guru Pada Abad 21. Indonesian Journal of Instructional Technology, 1(2), 37–46. http://journal.kurasinstitut.com/index.php/ijit
Astuti, C. C., Sari, H. M. K., & Azizah, N. L. (2018). Perbandingan Efektifitas Proses Pembelajaran Menggunakan Metode E-Learning dan Konvensional. Proceedings of The ICECRS, 2(1), 35–40. https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2395
Chusna, N. L. U. (2019). Pembelajaran E-Learning. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2, 113–117. https://doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.36
Elyas, A. H. (2018). Penggunaan model pembelajaran e-learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Warta Dharmawangsa, April. https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/juwarta/article/view/4
Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1–18.
Haryadi, R., Nuraini, H., & Kansaa, A. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. AtTàlim : Jurnal Pendidikan, 7(1), 2548–4419.
Husain, R., & Kaharu, A. (2020). Menghadapi Era Abad 21: Tantangan Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 85. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.527
Kurniawan, R. E., Makrifatullah, N. A., Rosar, N., Triana, Y., & Kunci, K. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website (Google Sites) pada Materi Fungsi di SMA Negeri 15 Medan. Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 2(1), 163–173.
Mohammad Yazdi. (2012). E-learning sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis teknologi Informasi. Jurnal Ilmua Foristek, 2 (1)(1), 143–152.
Nadziroh, F. (2017). Analisa efektifitas sistem pembelajaran berbasis e-learning. Jurnal Ilmu Komputer Dan Desain Komunikasi Visual (Jikdiskomvis), 2(1), 1–14.
Neuzil, P. (2006). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Dengan Pemanfaatan Video Conference Mata Pelajaran Produktif Teknik Komputer Dan Jaringan Di Sekolah Menengah Kejuruan. Nucleic Acids Research, 34(11), e77–e77.
Nurgiansah, T. H. (2021). Pemanfaatan E-Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. JINTECH: Journal Of Information Technology, 2(2), 138–146. https://doi.org/10.22373/jintech.v2i2.672
Nurhayati, A. S. (2016). Peran Media Jejaring Sosial Dalam Pembelajaran Abad 21. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 1–9(November), 632–641.
Priyambodo, E., Wiyarsi, A., & Sari, R. L. P. (2012). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 42(2), 99–109. https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/2236
Susilo, A., & Sarkowi, S. (2018). Peran Guru Sejarah Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 2(1), 43. https://doi.org/10.17509/historia.v2i1.11206