Edukasi Dini DAGUSIBU Siswa Sekolah Dasar Di Samigaluh Kulonprogo

Authors

  • Dyah Anggraeni Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surya Global Yogyakarta
  • Dwi K Sambodo Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surya Global Yogyakarta
  • Yuli Nurullaili Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surya Global Yogyakarta
  • Ega Setia Ningsih Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surya Global Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.36765/jpmb.v6i1.642

Keywords:

DaGuSiBu; Edukasi; SD Negeri Kalirejo

Abstract

Abstrak:  Obat merupakan zat yang digunakan untuk pencegahan dan penyembuhan penyakit serta pemulihan dan peningkatan kesehatan bagi penggunanya. Obat memiliki manfaat, namun juga mempunyai efek samping yang merugikan DAGUSIBU (Dapatkan, Gunakan, Simpan, Buang) merupakan Kegiatan yang menjelaskan tentang pengelolaan obat dari awal mendapatkan obat, menggunakan obat secara bijak dan tepat, cara penyimpanan obat yang tepat serta cara pembuangan obat yang. Tujuan dari pengabdian adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahamam siswa SD Kalirejo tentang cara mendapatkan obat, menggunakan, menyimpan serta membuang obat. Metode pengabdian adalah edukasi diselingi dengan permainan. Peserta pengabdian adalah siswa SD Negeri Kalirejo kelas 4,5 dan 6, berjumlah 34 siswa. Hasil pengabdian adalah nilai pretest sebesar 5,52 % sedangkan hasil postest yang dilakukan adalah meningkat menjadi 6,12 % . Dari hasil tersebut terdapat kenaikan pretest dan post test, maka dapat disimpulkan bahwa siswa SD Negri Kalirejo memahami tentang DAGUSIBU.

Abstract. DAGUSIBU is an activity that explains drug management from the start of getting the drugs, using the drug wisely and appropriately, how to store the drug properly and how to dispose of the drug properly. The purpose is to increase the knowledge and understanding of Kalirejo Elementary School students about how to get medicine, use, store and dispose of drugs. The service method is education interspersed with games. The service participants were students of SD Negeri Kalirejo grades 4,5 and 6, totaling 34 students. The results were the pre-test value of 5.52% while the results of the post-test were increased to 6.12%. From these results, there is an increase in pretest and post test, it can be concluded that Kalirejo Elementary School students understand about DAGUSIBU.

References

Ahmad, Perwira Negara, H. R., Ibrahim, M., & Etmy, D. (2020). Pelatihan Pembelajaran Daring (Google Classroom) bagi Guru MTs dan MI Nurul Yaqin Kelanjur. JPMB : Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 3(1). https://doi.org/10.36765/jpmb.v3i1.224

Anggraeni Budhi Pratiwi, D. (2020). Penggunaan Obat Yang Benar (Dagusibu) : Gema Cermat Dan Pelatihan Tentang Obat Keluarga Di Kotagede Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan, 7(1), 1–5. https://doi.org/10.33023/jpm.v7i1.662

Ani Kristiyani, & Sarah Puspita Admaja. (2021). Edukasi Pengenalan Obat Kepada Siswa Sekolah Dasar. J.Abdimas: Community Health, 2(1), 28–34. https://doi.org/10.30590/jach.v2n1.p28-34.2021

Astutiningsih, C., Tjahjani, N. P., & Listyani, L. (2021). Pengenalan Profesi Apoteker dan Mengenali Obat Sejak Usia Dini. Jurnal Abdidas, 2(3), 713–719. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i3.344

Badan POM. (2015). Peduli Obat dan Pangan Aman. Gerakan Nasional Peduli Obat Dan Pangan Aman, 7–8, 20.

DepKes. (2008). Petunjuk Teknis Pelaksanaan Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek. Departemen Kesehatan Republik Indonesia, 1–55.

Diana, H. (2013). IBM Apoteker Kecil. Repository.Unej.Ac.Id. https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57899

Dwiranata, D., Pramita, D., & Syaharuddin, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA. Jurnal Varian, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.30812/varian.v3i1.487

Hendrika, Y. (2022). Pengaruh Edukasi Dagusibu Terhadap Tingkat Pengetahuan Remaja Kampung Tualang Tentang Penggunaan Obat Yang Benar. Forte Journal, 02(01), 60–66. www.ojs.unhaj.ac.id/index.php/fj

Ikatan Apoteker Indonesia, [IAI]. (2014). Pp Iai 2014. Pedoman Pelaksanaan Gerakan Keluarga Sadar Obat.

Negara, H. R. P., Syaharuddin, S., Kurniawati, K. R. A., Mandailina, V., & Santosa, F. H. (2019). Meningkatkan Minat Belajar Siswa melalui Pemanfaatan Media Belajar Berbasis Android Menggunakan Mit App Inventor. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 2(2). https://doi.org/10.31764/jpmb.v2i2.887

Pemerintahan Kab Rembang, D. K. (2017). penyuluhan kesehatan remaja di sekolah sangat penting. https://dinkes.rembangkab.go.id/dinkes-ajak-santri-untuk-bergaya-hidup-sehat/

Syaharuddin, S., Mandailina, V., Saddam, S., Perwira Negara, H. R., Satriawan, R., & Ibrahim, M. (2021). Minimalisasi Tingkat Plagiat Karya Ilmiah Mahasiswa melalui Workshop Software Plagiarism Checker X. Bakti Cendana, 4(1). https://doi.org/10.32938/bc.v4i1.902

Downloads

Published

2023-07-29