Pelatihan Programming Junior Pembuatan Game Menggunakan Scratch untuk Sekolah Dasar (SD) Sebagai Upaya Kesiapan Menghadapi Industri Kreatif
Keywords:
Teknologi, programming, Game, industri kreatifAbstract
Abstrak: Tujuan dari kegiatan pelatihan programming junior pembuatan game menggunakan scratch ini adalah untuk melatih kreatifitas dan pola pikir pada anak sehingga mampu untuk membuat aplikasi atau game sendiri dan untuk kedepannya diharapkan anak siap untuk menghadapi persaingan di era revolusi industry 4.0 dimana anak harus dipersiapakan untuk menghadapi industry kreatif. Langkah-langkah yang dilakukan dalam kegiatan pengabdian ini yaitu pertama, menerapkan protokol kesehatan pada sebelum, ketika dan sesudah melakukan kegiatan ini. Kedua, mencari sumber – sumber atau kajian yang bisa menjadi rujukan pembelajaran di internet, mengenalkan konsep dasar pemrograman dengan scratch. Ketiga, mempraktikkan membuat game dengan menggunakan scratch. Dari pelaksananaan kegiatan pengabdian yang dilakukan di dapatkan hasil bahwa peserta pelatihan dapat memahami materi dengan baik dan dapat mengimplementasikan pada contoh kasus dengan baik.
Abstract: The purpose of this junior programming training activity using scratch is to train creativity and mindset in children so that they are able to make their own applications or games and in the future, it is hoped that children will be ready to face competition in the era of the industrial revolution 4.0 where children must be prepared to face the creative industry. The steps taken in this service activity are first, implementing health protocols before, during, and after doing this activity. Second, looking for sources or studies that can be used as a reference for learning on the internet, introducing the basic concepts of programming from scratch. Third, practice making games using scratch. From the implementation of the service activities carried out, it was found that the training participants could understand the material well and could implement it in case of examples well.