Sosialisasi Gerakan Pandai Computational Thinking pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Ittihadul Ikhlas

Authors

  • Ismarmiaty Ismarmiaty Universitas Bumigora
  • Kartarina Agustin Universitas Bumigora
  • Hairani Hairani Universitas Bumigora
  • Sirojul Hadi Universitas Bumigora
  • Mochammad Nurcholis Abdillah Universitas Bumigora
  • Indriani Indriani Universitas Bumigora
  • Ulfayanti Ulfayanti Universitas Bumigora
  • Muhammad Shaleh Hambali Universitas Bumigora

Keywords:

Computational Thinking, Bebras, Sosialisasi, IPA

Abstract

Abstrak: Tujuan dari gerakan ini adalah memperkenalkan dan memberikan pemahaman kepada guru pada mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dalam mengimplementasikan Computational Thinking dalam pembelajaran di dalam kelas. Pelaksanaan kegiatan yang dilakukan terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan, persiapan dan sosialisasi. Pelaksanaan dilaksanakan di Pondok Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Ittihadul Ikhlas dengan diikuti lima sekolah menengah pertama. Pelaksanaan sosialisasi dilakukan dengan pengenalan Gerakan Pandai Bebras dan penyampaian materi Computational Thinking. Kegiatan dilakukan dengan menyampaikan materi terkait mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada tingkat SMP atau Madrasah Tsanawiyah yang diakhiri dengan evaluasi terkait kebutuhan implementasi dengan hasil 63% menyatakan setuju, kesiapan peserta dalam implementasi Computational Thinking dengan 63% peserta menyatakan setuju dan sosialisasi menambah keterampilan peserta terkait dengan Computational Thinking untuk diterapkan di sekolah dengan 96% peserta menyatakan setuju. Kegiatan ini diharapkan secara berkesinambungan dapat terus terlaksana untuk memaksimalkan potensi guru sebagai pendidik untuk dapat mencerdaskan siswa salah satunya dengan program implementasi Computational Thinking khususnya pada mata pelajaran IPA.

Abstract: The purpose of this movement is to introduce and provide teachers with an understanding of Natural Sciences in implementing Computational Thinking in classroom learning. The implementation of the activities carried out consists of several stages: planning, preparation, and socialization. The implementation was carried out at Pondok Madrasah Tsanawiyah, Pondok Pesantren Ittihadul Ikhlas, followed by five junior high schools. The socialization was carried out by introducing the Gerakan Pandai Bebras and delivering Computational Thinking material. Training activities are carried out by delivering material related to Natural Science subjects at the SMP or Madrasah Tsanawiyah level which ends with an evaluation related to implementation needs with 63% of the results agreeing, participants' readiness in implementing Computational Thinking with 63% of participants agreeing and socialization and training to add skills participants related to Computational Thinking to be applied in schools with 96% of participants agreeing. This activity is expected to be continuously carried out to maximize the potential of teachers as educators to be able to educate students, one of which is the implementation of Computational Thinking programs, especially in science subjects.

Downloads

Published

2020-12-30