Pelatihan Penggunaan E-Commerce untuk Tanaman Hias Dalam Memperluas Pemasaran di Desa Ciberem Kabupaten Banyumas
Keywords:
E-commerce, Tanaman Hias, UMKMAbstract
Abstrak: Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah melakukan implementasi ecommerce dan pelatihan proses distribusi tanaman hias guna meningkatkan penjualan. Lingkup dalam implementasi solusi yang di tawarkan adalah aspek teknologi pemasaran/distribusi dan aspek manajerial. Target khusus yang ingin dicapai adalah implementasi e-commerce dapat berjalan dengan target awal terdapat 50 jenis produk yang ada di etalase. Berdasarkan masalah prioritas mitra, maka pendekatan pelaksanaan menggunakan metode Rational Unified Process (RUP), 1. Inception, Fase ini merupakan analisis awal (observasi) pada mitra. 2. Elaboration, yaitu menganalisa berbagai persyaratan dan risiko kemudian menetapkan baseline. 3. Construction, fase ini adalah pembuatan aplikasi e-commerce berdasarkan data dari fase 1 dan 2. 4. Transition. Fase ini dimulai dengan pelatihan pegawai mitra dalam menggunakan aplikasi ecommerce, transfer knowledge kepada mitra, kemudian dilanjutkan pada fase pendampingan, meliputi pembuatan iklan produk, upload data produk baru, dan perawatan aplikasi e-commerce. Setelah pemahaman e-commerce dilanjutkan dengan pelatihan packing untuk mengantisipasi pemesanan yang akan datang. Durasi kegiatan dari fase ini adalah 3 kali pertemuan per minggu selama 1,5 bulan. Hasil dari program pengabdian ini adalah pembudidaya. tanaman hias dapat memanfaatkan ecommerce dan melakukan pengemasan sehinggga tanaman hias dapat distribusikan secara luas.
Abstract: The purpose of this community service is to implement e-commerce and training in the distribution process of ornamental plants to increase sales. The scope of the implementation of the solutions offered is the marketing/distribution technology aspect and the managerial aspect. The specific target to be achieved is the implementation of e-commerce can run with the initial target of 50 types of products in the storefront. Based on the priority problems of partners, the implementation approach uses the Rational Unified Process (RUP) method, 1. Inception, this phase is an initial analysis (observation) of partners. 2. Elaboration, namely analyzing various requirements and risks and then establishing a baseline. 3. Construction, this phase is making e-commerce applications based on data from phases 1 and 2. 4. Transition. This phase begins with training partner employees in using e-commerce applications, transferring knowledge to partners, then proceeding to the mentoring phase, which includes making product advertisements, uploading new product data, and maintaining e-commerce applications. After understanding e-commerce, it is followed by packing training to anticipate future orders. The activity duration of this phase is 3 meetings per week for 1.5 months. The result of this service program is that ornamental plant cultivators can take advantage of e-commerce and carry out packaging so that ornamental plants can be widely distributed.