Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara untuk Mengemukakan Pendapat Melalui Metode Diskusi Pada Siswa Kelas VI SD

Authors

  • Haeriah SDN Surabaya, Lombok Tengah, Indonesia

Keywords:

Metode Diskusi; Keterampilan Berbicara, Mengemukakan Pendapat, PTK

Abstract

Keterampilan berbicara merupakan sarana komunikasi yang mempunyai peran sosial yang penting dalam kehidupan siswa. Mengingat pentingnya manfaat berbicara, pemerintah menaruh perhatian serius terhadap dunia berbicara dan membaca, sehingga dalam penyampaikan suatu gagasan yang bisa mengembangkan pemikiran dan ide dalam bericara. Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data yakni metode observasi, metode tugas, dan metode dokumentasi. Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan metode deskreptif kuantitatif untuk memperoleh pengelompokan kemampuan dalam keterampilan berbicara yang berkemampuan tinggi, sedang, rendah dan IPK. Berdasarkan hasil analisis data secara individual pada pembelajaran berbicara tanpa menggunakan metode diskusi dengan kemampuan tinggi sebanyak 12 orang siswa dengan jumlah persentase 44,4%, tingkat kemampuan sedang dengan jumlah siswa 15 orang siswa dengan persentase 55,5% dengan IPK 65,51% pada kategori sedang. Sedangkan kemampuan siswa dalam keterampilan berbicara dengan menggunakan metode diskusi dalam mengemukakan pendapat dengan kemampuan tinggi sebanyak 25 orang siswa dengan jumlah persentase 92,52%, tingkat kemampuan sedang dengan jumlah siswa 2 orang siswa dengan persentase 7,48% dengaqn IPK pada kategori 74,00% kategori tinggi. Jadi penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan keterampilan berbicara untuk siswa secara signifikan.

Downloads

Published

2021-05-01