Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA dengan Metode BERJUBEL (Belajar dengan Bermain Jual Beli)

Authors

  • Saidun SMP Negeri 2 Kopang, Lombok Tengah, Indonesia

Keywords:

Pembelajaran BERJUBEL, Minat dan Hasil Belajar Siswa, Klasifikasi Mahluk Hidup

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar IPA materi pokok Klasifikasi Mahluk Hidup bagi siswa kelas VII SMP melalui penggunaan metode Berjubel. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Pada siklus I pembelajaran dilakukan dengan penggunaan metode Berjubel dalam kelompok besar, sedangkan pada siklus II penggunaan metode Berjubel dalam kelompok kecil. Pada masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan deskriptif komparatif yang dilanjutkan refleksi. Deskriptif komparatif dilakukan dengan membandingkan data kondisi awal, siklus I dan siklus II, baik untuk minat belajar dan hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, penggunaan metode Berjubel dapat meningkatkan minat belajar siswa, terbukti persentase jumlah siswa dalam kategori minat belajar baik meningkat dari kondisi awal 30% menjadi 35% pada siklus I dan menjadi 52% pada siklus II atau pada kondisi akhir mengalami peningkatan sebesar 22% dari kondisi awal. Kedua, penggunaan penggunaan metode Berjubel dapat meningkatkan hasil belajar siswa, terbukti persentase ketuntasan belajar siswa meningkat dari kondisi awal 43% menjadi 74% pada siklus I dan menjadi 83% pada siklus II atau pada kondisi akhir mengalami peningkatan sebesar 40% dari kondisi awal.

Downloads

Published

2021-05-01