Penerapan Metode Kooperatif Model STAD Sebagai Alternatif Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SD

Authors

  • Erwin Guru SDN Bilekere, Ubung, Jonggat, Lombok Tengah, NTB

Keywords:

Pembelajaran matematika, metode kooperatif model STAD.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model STAD yang dilaksanakan terhadap siswa kelas V SDN Bilekere. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (66,67%), siklus II (77,78%), siklus III (88,89%). Kesimpulan bahwa metode kooperatif model STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran terhadap siswa kelas V SDN Bilekere.

Downloads

Published

2021-05-01

Issue

Section

Articles