Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Belajar Kelompok dalam Pelajaran Bahasa Inggris Terhadap Siswa Kelas VII SMP

Authors

  • Setiawan SMP Negeri 3 Pujut, NTB, Indonesia

Keywords:

Hasil Belajar, Belajar Kelompok

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah belajar kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pujut Kab. Lombok Tengah dalam belajar Bahasa Inggris tahun 2015/2016, melalui pendekatan kualitatif jenis Penelitian Tindakan, metode pengumpulan data observasi, interview tes , dan dokumentasi. Diperoleh rata-rata nilai capaian siswa pada tes awal 56,00 sedangkan pada tes yang dilaksanakan setelah ada perlakuan diperoleh rata-rata capaian sebesar 61,00 yang berarti mengalami peningkatan sebesar 8,92 %.Disimpulkan bahwa Belajar kelompok dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pujut Kabupaten Lombok Tengah tahun 2015/2016.

Downloads

Published

2021-05-01