Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Shooting Bola Basket Melalui Penerapan Modifikasi Sarana Pembelajaran Pada Kelas X SMA

Authors

  • Santosa SMA Negeri 1 Pujut, NTB, Indonesia

Keywords:

Modifikasi sarana, Shooting Bola Basket, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan modifikasi sarana pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar shooting permainan bola basket pada siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Pujut, Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah tahun pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Pujut, Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah tahun pelajaran 2016/2017 berjumlah 26 orang. Teknik pengumpulan data melalui tes ketrampilan shooting bola basket dan observasi dari proses pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian inia dalahs ecara deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian inia dalah Penelitian Tindakan Kelas dengan prosedur penelitian meliputi planning, acting, observation dan reflecting. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa penerapan modifikasi sarana pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar shooting permainan bola basket pada siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Pujut, Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah tahun pelajaran 2016/2017. Dari hasil analisis yang diperoleh terdapat peningkatan kondisi dari observasi awal ke siklus I dan siklus II, baik dari peningkatan aktivitas dalam proses pembelajaran maupun hasil akhir kemampuan shooting bola basket. Dari pengukuran seluruhan pembelajaran diperoleh prosentasi ketuntasan hasil belajar shooting bola basket pada kondisi awal (38,89%), siklus I (63,89%), dan siklus II (83,33%), sehingga peningkatan dari ondisi awal ke siklus II sebesar (44,44%).

Downloads

Published

2021-05-01