Upaya Peningkatan Prestasi Belajar PKn Melalui Metode Pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) Bagi Siswa Kelas VII SMP

Authors

  • Tandur SMP Negeri 1 Pujut, NTB, Indonesia

Keywords:

Prestasi Belajar, Think-Pair-Share.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan prestasi belajar PKn pada siswa kelas VII C SMPN 1 Pujut Tahun 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar PKn pada kondisi awal (tes kemampuan awal), siklus I, dan siklus II. Pada nilai tes kemampuan awal rata-rata kelas hanya 53,5 dengan ketuntasan kelas sebesar 16,7% dan siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 berjumlah 5 siswa. Pada siklus I mengalami peningkatan yaitu rata-rata kelas menjadi 69,7 dan ketuntasan kelas meningkat menjadi 53,3% (mengalami peningkatan sebesar 36,6%) dan siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 berjumlah 16 siswa. Selanjutnya pada siklus II juga mengalami peningkatan yaitu rata-rata kelas menjadi 81,6 dan ketuntasan kelas menjadi 86,7% (mengalami peningkatan sebesar 33,4%) dan siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 berjumlah 26 siswa. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan prestasi belajar PKn pada siswa kelas VII C SMPN 1 Pujut Tahun 2016/2017.

Downloads

Published

2021-05-01