Penggunaan Alat Peraga Lingkar Santri (Lingkaran Satuan Trigonometri) dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa

Authors

  • Misnawati UIN Mataram, NTB, Indonesia
  • Nurhardiani UIN Mataram, NTB, Indonesia
  • Erpin Evendi UIN Mataram, NTB, Indonesia

Keywords:

Alat Peraga, Pemahaman Konsep Matematika.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan alat peraga lingkar santri (lingkaran satuan trigonometri) dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Islam Uswatun Hasanah. Adapun instrumen penelitian yaitu tes yang dibuat sesuai dengan indikator pemahaman konsep, lembar observasi berupa lembar aktivitas guru dan aktivitas siswa, uji validitas instrumen dan uji reliabilitas instrumen. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik Sampling jenuh. Dalam penelitian ini kelas X IBB dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA dijadikan sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian jenis Posttes-Only Control Design. Teknik analisis data menggunakan uji-t Pooled Varians yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengunaan alat peraga lingkar santri (Lingkar Satuan Trigonometri) dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa.

Downloads

Published

2021-05-01