Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar
Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar
Keywords:
Berpikir Kritis, Matematika, Bangun Ruang Sisi DatarAbstract
Kemampuan berpikir kritis matematis merupakan keterampilan berpikir yang melibatkan pengetahuan awal siswa yang kemudian diabstraksi sehingga terciptanya strategi kognitif sebagai penentu memutuskan argumen dan kesimpulan dalam menghadapi permasalahan matematika. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Sejumlah 27 siswa kelas VIII-5 di salah satu SMP Negeri di daerah Bogor yang dijadikan subjek penelitian ini. Instrumen penelitian ini merupakan soal tes uraian sebanyak empat item soal terkait materi bangun ruang sisi datar yang telah disesuaikan dengan karakteristik kemampuan berpikir kritis. Instrumen soal tes uraian telah divalidasi oleh guru mata pelajaran matematika dan dosen ahli matematika.Indikator kemapuan berpikir kritis matematis yang dijadikan pedoman dalam penelitian ini, yaitu: interpretasi, analisis, evaluasi dan inferensi. Analisis dilakukan terhadap jawaban siswa dengan hasil yang memperlihatkan jika kemampuan berpikir kritis matematis siswa sangat rendah. Berdasarkan rerata hasil tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa keseluruhan diperoleh persentase sebesar 88,89% berada pada kategori sangat rendah, sedangkan sisanya yaitu 11,11% siswa berkemampuan berpikir kritis matematis berada pada kategori rendah.