Efek Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Taman Pendidikan Islam Medan

Authors

  • Tuti Hardianti Universitas Islam Sumatera Utara
  • Lisa Ariyanti Pohan Universitas Islam Sumatera Utara
  • Uswatun Hasanah S Universitas Islam Sumatera Utara

Keywords:

Pendekatan Saintifik, Berpikir Kritis, PTK

Abstract

Pendekatan saintifik memberikan kesempatan pada siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA materi pengukuran.. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di kelas VII SMP Taman Pendidikan Islam Medan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Analisis data menggunakan perhitungan persentase ketuntasan kemampuan berpikir kritis. Hasil analisis menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 42% dan siklus II sebesar 89%. Oleh karena itu, terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yaitu sebesar 47 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bawa pendekatan saintifik dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pengukuran di SMP Taman Pendidikan Islam Medan.

Downloads

Published

2021-08-06

Issue

Section

Articles