Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA

Authors

  • Ayang Kinasih Universitas Nahdlatul Ulama Lampung
  • Erni Mariana Universitas Nahdlatul Ulama Lampung

Keywords:

R&D, Keterampilan Proses Sains, Kreatif, Modul

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan karakteristik bahan ajar fisika dengan pendekatan keterampilan proses sains pada materi usaha dan energi, (2) mendapatkan bahan ajar fisika dengan pendekatan keterampilan proses sains pada materi usaha dan energi yang telah memenuhi kriteria kelayakan, (3) meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa setelah mengikuti proses pembelajaran menggunakan bahan ajar fisika dengan pendekatan keterampilan proses sains pada materi usaha dan energi. Model yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model 4-D dengan tahapan Define, Design, Develop, dan Disseminate. Modul diujicobakan di kelas X SMA Program Ilmu Alam. Kemampuan berpikir kreatif siswa dianalisis dengan uji parametrik dua sampel berpasangan menggunakan software PASW Statistic 18. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata 102 > cut off 78 yang berarti kemampuan berpikir kreatif siswa setelah mengikuti proses pembelajaran menggunakan bahan ajar fisika dengan pendekatan keterampilan proses sains pada materi usaha dan energi mengalami peningkatan.

Downloads

Published

2021-08-07