Perbedaan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Penerapan Metode Recollection Smart Teaching dan Metode Learning Community Pada Siswa SMA

Authors

  • Nining Pratiwi Universitas Nahdlatul Wathan Mataram
  • Ahmad Khaerul Kholidi Universitas Nahdlatul Wathan Mataram
  • Ami Pratama Universitas Nahdlatul Wathan Mataram
  • Irwan Universitas Nahdlatul Wathan Mataram

Abstract

Peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam menjadi kriteria keberhasilan peserta didik yang dipengaruhi oleh faktor sekolah, diantaranya adalah penggunaan metode dalam proses belajar dan untuk mencapainya dibutuhkan metode yang tepat. Diantaranya metode Recollection Smart Teaching dan Learning Community. Penggunaan kedua metode tersebut dalam pembelajaran dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa dalam belajar Pendidikan Agama Islam. Adapun Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hasil belajar Pendidikan Agama Islam dengan  penerapan metode Recollection Smart Teaching, (2) hasil belajar Pendidikan Agama Islam dengan  penerapan metode Learning Community, dan (3) perbedaan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dengan penerapan metode recollection smart teaching dan metode learning community. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian menggunakan Quasi Exsperimental berdesain Posttest Only, None-Equivalent Control Group Design. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji-t (independent sampel).Hasil penelitian ini menunjukkan;pertama, berdasarkan nilai yang telah diberikan kepada siswa dengan penerapan metode recollection smart teaching dan metode learning community, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata- rata yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Kedua, berdasarkan pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t Independent Sampel. Dari hasil perhitungan yang dilakukan, diperoleh nilai thitung= 5,129 dan nilai ttabel= 1,997. Hasil pengujian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai thitung berada di daerah penerimaan H1  yaitu thitung > ttabel atau 5,129 > 1,997, dan (3) berdasarkan hasil analisis diketahui t hitung lebih besar dari t tabel sehingga disimpulkan, terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar Pendidikan Agama Islam antara penerapan metode recollection smart teaching dan penerapanmetode learning community.

Downloads

Published

2022-02-10