Korelasi Sikap Keberagamaan dan Konsep Diri dengan Kedisiplinan Peserta Didik di MAN 2 Mataram

Authors

  • Hairul Hidayah UIN Mataram

Abstract

Sikap keberagamaan dan konsep diri yang matang akan membentuk perilaku positif, dalam hal ini kedisiplinan. Dari sisi psikopedagogik, perkembangan diri yang utuh dan sehat secara jasmani, intelektual, emosional, sosial dan spiritual adalah cermin dari kualitas disiplin yang dijalani dari sejak dini hingga dewasa. Penanaman sikap keberagamaan, konsep diri yang positif dalam menunjang karakter disiplin pada diri siswa dirasakan sudah efektif dilakukan di MAN 2 Mataram. Akan tetapi, masih terdapat siswa yang masih menyalahi disiplin dan beberapa kenakalan remaja dari ringan sampai berat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi sikap keberagamaan dan konsep diri dengan sikap disiplin siswa/i MAN 2 Mataram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif ex-post facto. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner (angket), wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan beberapa tahapan mulai dari analisis pendahuluan, uji prasyarat analisis, uji hipotesis dan analisis lanjutan. Dari hasil penelitian terdapat hubungan positif dan signifikan antara sikap keberagamaan dan konsep diri dengan kedisplinan peserta didik di MAN 2 Model Mataram. Dari hasil penelitian terdapat hubungan positif dan signifikan antara sikap keberagamaan dan konsep diri dengan kedisplinan peserta didik di MAN 2 Model Mataram. Hubungan positif  diketahui dari nilai rhitung = 0,406 > rtabel = 0,1303 (dalam kategori cukup). Artinya, tinggi rendahnya kedisiplinan siswa tergantung pada tinggi rendahnya sikap keberagamaan sekalipun korelasinya cukup.  Sementara itu, signifikansi hubungannya diketahui dari nilai Fhitung = 22,072 > Ftabel = 3,04.

Downloads

Published

2022-01-18