Kreativitas dan Prestasi Belajar Melalui Pembelajaran Problem Posing Setting Kolaboratif dan Open-Ended Setting Kolaboratif

Authors

  • Baiq Rofina Arvy UIN Mataram

Abstract

Riset ini dilakukan untuk menyelediki apakah terdapat perbedaan keefektifan pembelajaran open-ended dengan setting kolaboratif dan pembelajaran problem posing setting kolaboratif ditinjau dari kreativitas dan prestasi belajar siswa. Riset ini menerapkan metode quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest non-equivalent comparison-group design. Adapun populasi yang digunakan yakni siswa kelas VIII SMPN 1 Wanasaba yang berjumlah 7 kelas. Dua kelas diambil secara random sebagai sampel dalam riset ini untuk menjadi kelas eksperimen pertama dan kelas eksperimen kedua.  Kreativitas siswa diukur menggunakan tes sebagai Instrumen dalam riset ini. Teknik analisis data yang digunakan untuk menyelidiki perbedaan kedua desain pembelajaran adalah Multivariate Analysis of Variance (Manova). Hasil riset menunjukkan tidak terdapat perbedaan keefektifan pembelajaran open-ended dengan setting kolaboratif dan pembelajaran problem posing setting kolaboratif ditinjau dari kreativitas dan prestasi belajar siswa.

Downloads

Published

2022-01-18