Konstruksi Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan Guna Memenuhi Kepuasan Konsumen
Abstract
Dewasa ini persaingan antar madrasah tidak terelakkan lagi, khususnya persaingan antar madrasah. Persaingan tersebut hal menarik dan meningkatkan kepuasan konsumen mengenai pelayanan pendidikan. Manajemen pemasaran jasa pendidikan untuk madrasah mutlak diperlukan. Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Grobogan adalah salah satu madrasah yang menyadari tentang urgennya menjalankan program manajemen pemasaran jasa pendidikan guna memenuhi kepuasan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat secara mendalam keberhasilan manajemen pemasaran jasa pendidikan guna memenuhi kepuasan konsumen yakni dengan melihat lebih dalam strategi pemasaran jasa pendidikan guna memenuhi kepuasan konsumen studi kasus di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Grobogan. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Selanjutnya dalam pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan analisi jenis Miles dan Huberman yang membagi analisis menjadi empat bagian, yakni pengumpulan data, reduksi data, displai data dan penarikan kesimpulan, verifikasi. Penelitian ini diperoleh hasil bahwa strategi pemasaran jasa pendidikan guna memenuhi kepuasan konsumen di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Grobogan, yaitu melalui peningkatan mutu dan layanan pendidikan di madrasah, melaksanakan program-program unggulan madrasah dengan baik, membangun image madrasah.