Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Tema 8 Subtema 3 Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Sri Winda Roselin br. Tarigan Universitas Palangka Raya
  • Roso Sugiyanto Universitas Palangka Raya
  • Ichyatul Afrom Universitas Palangka Raya

Abstract

Kondisi pembelajaran yang ditemukan ketika peneliti melakukan observasi di kelas IV SDN 1 Menteng Palangka Raya Tahun 2022, pembelajaran masih berpusat pada guru dengan guru yang lebih aktif berperan di kelas, siswa masih banyak kurang aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran discovery learning pada tema 8 subtema 3 terhadap keaktifan belajar siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitaif dan metode penelitian eksperimental dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model discovery learning, sedangkan variabel terikat adalah keaktifan belajar siswa. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IVa dan IVb yang berjumlah 51 siswa. Analisis data menggunakan uji prasayarat analisis dan uji hipotesis.  Data nilai pretest dan posttest dikumpulkan menggunakan non tes dengan angket atau kuesioneryang berjumlah 17 pernyataan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada penggunaan model discovery learning pada tema 8 subtema 3 terhadap keaktifan belajar siswa kelas IV. Hal ini dapa dilihat pada t-test (uji-t) yang diperoleh menggunakan program SPSS 25 for windows yang menunjukkan bahwa dari hasil analisis uji-t diperoleh hasil sebesar 2,946. Hasil analisis menyimpulkan bahwa hasil hipotesis thitung = 2,946 > ttabel = 1,677. Selisih rata-rata nilai pretest dan  posttest di kelas eksperimen sebesar 16,6.

Downloads

Published

2022-07-16

Issue

Section

Articles