Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Dengan Strategi Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)
DOI:
https://doi.org/10.36765/jrip.v5i1.565Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Strategi Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini di MTsN 4 Lombok Tengah sebagai lembaga yang menaungi pendidikan madrasah di kabupaten Lombok tengah. Data dalam penelitian ini nantinya akan dikumpulkan melalui data dokumentasi, observasi, dan wawancara. Berdasarkan pada hasil penelitian yang mengacu pada data-data yang terkumpul dan setelah melalui proses analisis data, analis data yang digunakan adalah model analisis interaktif Millef dan Huberman, yaitu proses aktifitas dalam meneliti data yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan maka dapat disimpulkan bahwa Strategi manajemen musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) dalam peningkatan kompetensi Pedagogik guru akidah akhlak di KKM MTsN 4 Lombok Tengah yaitu: mengadakan pertemuan setiap satu kali dalam sebulan. Membahas tentang revisi perangkat pembelajaran, mengadakan pelatihan serta akan membuat lomba pada setiap tahunnya yaitu lomba penelitian tindakan kelas yang husus membahas tentang perkembangan atau peningktan pembelajaran akidah akhlak. Strategi Pelaksanaan Planning, Organizing, Actuating, Controling ( POAC) musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru aqidah akhlak pada KKM MTsN 4 Lombok Tengah tahun pelajaran 2019-2020.