Problema Guru Dalam Mengatasi Masalah Kesulitan Belajar Siswa Kelas VII MTs
DOI:
https://doi.org/10.36765/jrip.v5i1.587Abstract
Adapun tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui problema yang dihadapi guru dalam mengatasi masalah kesulitan belajar siswa kelas VII MTs Nurul Yaqin Kelanjur. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII MTs Nurul Yaqin Kelanjur Desa Montong Sapah. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, guru kelas VII, siswa-siswa Kelas VII MTs Nurul Yaqin, dan pihak-pihak yang dapat memberikan informasi tentang problema yang dihadapi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Metode pengumpulan yang dilakukan adalah metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis induktif dan deduktif. Adapun hasil dari penelitian ini adalah Problema yang dihadapi Guru dalam meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di adalah terdiri dari dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. faktor intern seperti fisiologi dan psikologi (intelegensi, minat, sikap, dan motivasi) sedangkan faktor ekstern seperti faktor keluarga, faktor masyarakat, dan faktor sekolah. Solusi Guru dalam mengatasi permasalahan yang ada guna meningkakan prestasi belajar siswa di yaitu dengan mengadakan bimbingan kepada siswa dan memberikan motivasi pada setiap pertemuan pembelajaran.