Meta-Analisis: Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan STEM

Authors

  • Habib Ratu Perwira Negara Universitas Bumigora
  • Kiki Riska Ayu Kurniawati Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.36765/jrip.v5i1.588

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh paradigma pembelajaran STEM (Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika) terhadap hasil belajar siswa di semua tingkat pendidikan dan mata pelajaran. Meta-analisys dipilih sebagai metode. Populasi penelitian ini adalah karya-karya yang diterbitkan antara tahun 2015 dan 2021. Publikasi dipilih berdasarkan kriteria sebagai berikut: (1) hasil penelitian adalah studi korelasi atau eksperimen; (2) hasil penelitian memuat nilai uji Fisher atau ANOVA (F), uji siswa (t), atau uji korelasi (r); (3) hasil penelitian tindakan kelas; (4) hasil penelitian berisi nilai ketuntasan klasikal (K), jumlah siswa yang tuntas (l); dan (5) jumlah mahasiswa yang menjadi mahasiswa penelitian (N). Dengan memeriksa sampel, ditentukan bahwa 55 publikasi memenuhi kriteria. Secara keseluruhan, hasil analisis menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis STEM dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan summary effect sebesar 0,79 yang tergolong kuat. Berdasarkan tingkat pendidikan pengaruh pada jenjang SMP lebih besar dibandingkan jenjang SD dan SMA yaitu sebesar 0,97 yang tergolong kuat. Berdasarkan materi pelajaran, metode STEM memiliki pengaruh yang lebih besar pada mata pelajaran Matematika daripada mata pelajaran IPA dan IPS (0,87 yang termasuk dalam kategori kuat). Hal ini menunjukkan bahwa paradigma pembelajaran berbasis STEM paling cocok diterapkan di tingkat SMA untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika.

Published

2023-01-15