Warning: Trying to access array offset on value of type null in /home/u646396085/domains/rekarta.co.id/public_html/journal/plugins/themes/default/DefaultThemePlugin.inc.php on line 163
Warning: mkdir(): Permission denied in /home/u646396085/domains/rekarta.co.id/public_html/journal/lib/pkp/classes/file/FileManager.inc.php on line 312
Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menulis Cerita Pendek Menggunakan Metode Pengajaran Langsung Siswa Kelas XI SMA
| Jurnal Riset Intervensi Pendidikan (JRIP)
Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menulis Cerita Pendek Menggunakan Metode Pengajaran Langsung Siswa Kelas XI SMA
Authors
Nurinah
SMA Negeri 1 Pringgarata Lombok Tengah, NTB, Indonesia
Keywords:
Aktivitas, Hasil Belajar, Metode Pembelajaran Langsung.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas XI-MIPA-1 SMA Negeri 1 Pringgarata dengan menggunakan metode pembelajaran langsung pada materi Menulis Cerpen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang terdiri dari siklus I, siklus II, dan siklus III. Tiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi kegiatan guru, dan tes hasil belajar dengan soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar menulis cerpen siswa pa da tiap siklus. Pada siklus I, pembelajaran siswa belum berjalan dengan baik sehingga hasil belajar siswa masih rendah yaitu 65,22 dengan jumlah siswa yang berhasil sebanyak 10 orang dan nilai katagori aktivitas sangat tinggi 0,00%. Hal ini disebabkan karena guru belum sepenuhnya menguasai model pembelajaran. Pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar 75,30 dan nilai katagori aktivitas sangat tinggi siswa meningkat menjadi 0,03% dan dengan jumlah siswa yang berhasil sebanyak 19 orang. Pada siklus III nilai rata-rata hasil belajar 83,00 dan nilai katagori aktivitas sangat tinggi siswa meningkat menjadi 0,19% dengan jumlah siswa yang berhasil sebanyak 32 orang. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran langsung dapat meningkatkan nilai hasil belajar menulis cerita pendek dan aktivitas siswa di kelas XI-MIPA-1.