Klasifikasi Karakteristik Minat Membeli Mahasiswa Muslim Di Kabupaten Sidoarjo Menggunakan Analisis Cluster
Keywords:
mahasiswa muslim, makanan halal, analisis clusterAbstract
Abstrak: Perkembangan wisata kuliner mengalami peningkatan pesat pada beberapa tahun terakhir terutama pada wisata kuliner halal, hal tersebut dikarenakan kita berada di negara Indonesia yang memiliki mayoritas penduduk beragama muslim. Kabupaten Sidoarjo adalah salah satu daerah yang mengalami peningkatan wisata kuliner halal dengan target pasar adalah mahasiswa muslim. Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan karakteristik mahasiswa muslim sebagai konsumen wisata kuliner halal di Kabupaten Sidoarjo. Terdapat beberapa faktor pada proses klasifikasi yaitu kesadaran halal, sertifikasi halal, kesehatan, bahan makanan, persepsi nilai dan minat membeli makanan halal. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis cluster untuk selanjutnya dilakukan analisis statistika deskriptif untuk mengetahui karakteristik pada cluster yang terbentuk. Hasil penelitian menunjukkan terdapat dua cluster yang terbentuk. Dari 385 responden yang berstatus mahasiswa muslim di Kabupaten Sidoarjo, 295 orang masuk pada cluster pertama, sedangkan 90 sisanya masuk pada cluster kedua. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sebesar 78% mahasiswa muslim tertarik untuk membeli makanan halal dan telah sadar akan pentingnya sertifikasi halal, kesehatan, bahan makanan serta persepsi nilai pada destinasi wisata kuliner halal yang mereka kunjungi. Selanjutnya dari deskriptif statistik diperoleh informasi bahwa anggota pada cluster 1 memiliki rata-rata karakteristik variabel yang lebih tinggi daripada anggota pada cluster 2. Abstract: The development of culinary tourism has increased rapidly in recent years, especially in halal culinary tourism, this is because we are in Indonesia which has a majority Muslim population. Sidoarjo Regency is one of the regions experiencing an increase in halal culinary tourism with a target market of Muslim students. This study aims to classify the characteristics of Muslim students as consumers of halal culinary tourism in Sidoarjo Regency. There are several factors in the classification process, namely halal awareness, halal certification, health, food ingredients, perceived value and interest in buying halal food. The analysis technique used is cluster analysis and then a descriptive statistical analysis is performed to determine the characteristics of the cluster formed. The results showed that there were two clusters formed. Of the 385 respondents who were Muslim students in Sidoarjo Regency, 295 people entered the first cluster, while the remaining 90 entered the second cluster. So it can be concluded that as many as 78% of Muslim students are interested in buying halal food and are aware of the importance of halal certification, health, food ingredients and the perceived value of the halal culinary tourist destinations they visit. Furthermore, from descriptive statistics obtained information that members in cluster 1 have a higher average characteristic of variables than members in cluster 2.Downloads
Published
2022-09-06
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Rekarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.