Menggunakan Teknik Probing Prompting Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa
Keywords:
teknik;, probing;, prompting;, pemecahan masalah;, matematika;Abstract
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan teknik probing prompting. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan kuasi eksperimen. Sampel penelitian ini sebanyak 64 siswa SMP Negeri 12 Bandung. Kelas eksperimen memperoleh pembelajaran menggunakan teknik probing prompting sedangkan kelas kontrol memperoleh pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Data dianalisis menggunakan perbedaan rerata dengan uji Mann-Whitney. Hasil dari penelitian ini adalah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan teknik probing prompting lebih tinggi secara signifikan daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Abstract: The objective of this study was to determine the improvement of students' mathematical problem-solving abilities that obtained learning using probing prompting techniques. The research method of this study was quantitative research with quasi-experimental. The sample of this study were 64 students of SMP Negeri 12 Bandung. The experimental class obtained learning using the probing prompting technique while the control class obtained conventional learning. Data collection was conducted through pretest and posttest of students' mathematical problem-solving abilities. Data were analyzed using mean differences with the Mann-Whitney test. The results of this study are improved mathematical problem-solving abilities of students who get learning using probing prompting techniques significantly higher than students who obtain conventional learning.Downloads
Published
2022-09-06
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Rekarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.