Studi Literatur Tentang Pengaruh Penggunaan Media Monopoli Modifikasi Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar
Keywords:
Media Monopoli Modifikasi;, Hasil Belajar;, IPS;Abstract
Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur yang menganalisis dan mengkaji hasil dari berbagai jenis penelitian sebelumnya yang memiliki tema yang relevan. Jenis penelitian yang dianalisis dan dikaji dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, penelitian tindakan kelas (PTK) dan penelitian dan pengembangan (R&D). Teknik pengumpulan data dalam penelitian studi literatur ini menggunakan metode dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis dan kajian tentang pengaruh penggunaan media monopoli modifikasi terhadap hasil belajar IPS siswa sekolah dasar. Berdasarkan hasil dari penelitian studi literatur ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media monopoli modifikasi mendapatkan respon positif dari siswa berupa meningkatnya keaktifan siswa baik fisik maupun psikis yang pada akhirnya mampu meningkatkan hasil belajar siswa atau penggunaan media monopoli modifikasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dari berbagai macam hasil uji coba penggunaan media monopoli modifikasi yang dilakukan di tingkat sekolah dasar melalui berbagai jenis penelitian, baik penelitian kuantitatif, PTK maupun R&D. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media permainan berupa monopoli modifikasi bagi siswa sekolah dasar yang mempunyai karakteristik suka bermain sangat tepat untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa yang akhirnya berpengaruh terhadap hasil belajar siswa karena dengan media ini siswa diajak untuk belajar sambil bermain sehingga pembelajaran berlangsung menyenangkan. Abstract: This research is a literature study that analyzes and examines the results of various types of previous studies that have relevant themes. The types of research analyzed and examined in this study are quantitative research, classroom action research (CAR) and research and development (R&D). Data collection techniques in the study of this literature study using the method of documentation. This study aims to describe the results of the analysis and study of the effect of the use of the media monopoly modification on social studies learning outcomes of elementary school students. Based on the results of the study of this literature study, it can be concluded that the use of modified monopoly media gets positive responses from students in the form of increased physical and psychological activity of students, which in turn can improve student learning outcomes or the use of modified media monopoly affects student learning outcomes. This is evidenced by the various results of trials using the modified monopoly media conducted at the elementary school level through various types of research, both quantitative research, CAR and R&D. This shows that the use of game media in the form of a monopoly modification for elementary school students who have the characteristics of love to play is very appropriate to increase student learning activities which ultimately affect student learning outcomes because with this media students are invited to learn while playing so that learning takes place fun.Downloads
Published
2022-09-12
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Rekarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.