Efikasi Diri, Kecemasan Matematis Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dalam Pembelajaran Berbasis Saintifik
Keywords:
Efikasi diri;, Kecemasan Matematis;, Pembelajaran Berbasis Saintifik;Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dan kecemasan matematis dengan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP dalam pembelajaran berbasis saintifik. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Instrumen penelitian ini adalah angket efikasi diri, angket kecemasan matematis dan soal tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian ini adalah: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara efikasi diri terhadap kemampuan pemecahan masalah dengan nilai koefisien regresi sebesar 22,1% (2) terdapat hubungan negatif dan signifikan antara kecemasan matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah dengan nilai koefisien determinasi sebesar 13% (3) terdapat hubungan yang signifikan antara efikasi diri dan kecemasan matematis dengan kemampuan pemecahan masalah dengan nilai koefisien determinasi sebesar 22,4%. Abstract: This study aims to determine the relationship between self-efficacy and mathematical anxiety with the problem solving ability of students of class VIII SMP in scientific based learning. This research is quantitative research. The instruments of this study were self-efficacy questionnaire, mathematical anxiety questionnaire and problem solving ability test questions. The results of this study are: (1) there is a positive and significant relationship between self-efficacy and problem solving ability with a regression coefficient value of 22.1% (2) there is a negative and significant relationship between mathematical anxiety towards problem solving ability with a coefficient of determination of 13 % (3) there is a significant relationship between self-efficacy and mathematical anxiety with the ability to solve problems with a coefficient of determination of 22.4%.Downloads
Published
2021-08-07
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2020 Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidkan Matematika (JP3M)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.