Kemampuan Komunikasi Matematika: Studi Komparasi Pembelajaran Number Head Together (NHT) Dan Media Power Point (PPT)
Keywords:
Komunikasi Matematika;, NHT;, Power Point;Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan komunikasi matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan PPT di kelas VII SMP Negeri 02 Ngabang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 02 Ngabang yang terdiri dari 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik Cluster Random Sampling. Kelas VIIA sebagai kelas eksperimen I dengan 24 siswa dan kelas VIIB sebagai kelas kelas eksperimen II dengan 24 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu pretest dan posttest dalam bentuk uraian. Analisis data menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 5 %. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata posttest kelas NHT adalah 72,5 dan rata-rata posttest kelas PPT adalah 66,666. Hasil uji hipotesis posttest diperoleh t_hitung>t_tabel (1,9522>1,667). Karena t_hitung>t_tabel maka H_0 ditolak dan H_a diterima. Hal ini berarti kemampuan komunikasi matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran NHT lebih baik dibandingkan dengan menggunakan media Power point. Abstract: This research is a quasi-experimental study that aims to determine the comparison of students' mathematical communication abilities with the cooperative learning model of the NHT and PPT media in class VII SMP Negeri 02 Ngabang. The population in this study were all students of class VII SMP 02 Ngabang consisting of 3 classes. The sample in this study was taken by using the Random Sampling Cluster technique. Class VII A as class I experimental class with 24 students and class VII B as a experimental class II with 24 students. The instruments used were pretest and posttest in the form of description. Data analysis uses the t test with a significance level of 5%. The results showed the average posttest for the NHT class was 72.5 and the average posttest for the PP class was 66.666. From the posttest hypothesis test results obtained t hitung> t tabel (1.9522> 1,667). Because t_hitung> t_tabel, H_0 is rejected and H_a is accepted. This means that students' mathematical communication skills taught with the NHT are better than using Power point media.Downloads
Published
2021-08-07
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2020 Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidkan Matematika (JP3M)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.