Efektivitas Pembelajaran Google Classroom Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa

Authors

  • Farah Heniati Santosa Universitas Nahdlatul Wathan Mataram
  • Habibi Ratu Perwira Negara Universitas Islam Negeri Mataram
  • Samsul Bahri Universitas Nahdlatul Wathan Mataram

DOI:

https://doi.org/10.36765/jp3m.v3i1.230

Keywords:

Kemampuan Penalaran Matematis;, Google Classroom;, Pembelajaran Daring;, LMS;

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran google classroom terhadap penalaran matematis siswa Penelitian ini adalah penelitian pre-experimental dengan jenis one-shot case yang melibatkan satu kelas siswa kelas XI yang terdiri dari 20 siswa di salah satu SMA di Kota Mataram. Intrumen penelitian berupa tes, observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan uji one sample t-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan google classroom terhadap kemampuan penalaran matematis siswa efektif. Sikap disiplin siswa dapat dilatih pada LMS google classroom ini. Temuan lain, berupa penyempurnaan penerapan google classroom dalam pembelajaran adalah perlu adanya aplikasi pendukung yang dapat memfasilitasi guru dan siswa dapat bertatap muka langsung via jaringan (web) seperti penggunaan google mett. Abstract: This study aims to determine the effectiveness of google classroom learning on students' mathematical reasoning. This research is a pre-experimental research with one-shot case type involving one class of class XI students consisting of 20 students in one high school in the city of Mataram. Research instruments in the form of tests, observations and interviews. Data analysis using one sample t-test. The results showed that learning to use google classroom on students' mathematical reasoning abilities was effective. Disciplinary attitude of students can be trained in this Google classroom LMS. Another finding, in the form of improving the implementation of google classroom in learning, is the need for supporting applications that can facilitate teachers and students face to face directly via the network (web) such as the use of Google mett.

Downloads

Published

2021-08-07

Issue

Section

Articles