Kemampuan Representasi Matematis Dan Disposisi Berpikir Kreatif Berdasarkan Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual And Intellectually)

Authors

  • Febriansyah Abung UIN Raden Intan Lampung
  • Farida UIN Raden Intan Lampung
  • Siska Andriani UIN Raden Intan Lampung

Keywords:

SAVI;, representasi matematis;, Disposisi Berpikir Kreatif;

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan representasi matematis dan disposisi berpikir kreatif peserta didik berdasarkan pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual and Intellectually). Penelitian ini merupakan penelitian jenis Quisi Experimental Design. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Tulang Bawang Udik, pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling didapat sampelnya yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan model pembelajaran SAVI dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan perlakuan pembelajaran konvensional. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji MANOVA. Menurut hasil analisis, Nilai p-value dalam kemampuan representasi matematis (KRM) = 0.000 dan nilai ∝ kriteria uji = 0.05 yang berarti nilai p-value lebih kecil dibandingkan α kriteria uji, sehingga H_0A ditolak dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara Model SAVI terhadap kemampuan representasi matematis dan disposisi berpikir kreatif peserta didik. Abstract: This study aims to analyze the mathematical representation abilities and creative thinking dispositions of students based on SAVI (Somatic, Auditory, Visual and Intellectually) learning. This research is a kind of Quisi Experimental Design research. The population in this study were students of class VIII SMP Negeri 1 Tulang Bawang Udik. The samples were taken using the simple random sampling technique, namely class VIII A as the experimental class with the SAVI learning model treatment and class VIII B as the control class with conventional learning treatment. Analysis of the data used in this study using the MANOVA test. According to the results of the analysis, the p-value in the ability of mathematical representation (KRM) = 0.000 and the value of ∝ test criteria = 0.05 which means that the p-value is smaller than the α test criteria, so that H_0A is rejected, thus it can be concluded that there is an influence between the SAVI Model. on the mathematical representation ability and creative thinking disposition of students.

Downloads

Published

2021-08-07